Varian Baru Covid-19 di Indonesia, Ini Imbauan Syamsuar ke Warga Riau

Syamsuar416.jpg
(Muthi Haura/RIAUONLINE.CO.ID)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, varian baru Covid-19 BA.4 dan BA.5 sudah ditemukan di Indonesia. Hal ini membuat kasus Covid-19 kembali meningkat.

Untuk itu, Syamsuar mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti arahan dari Presiden Republik Indonesia.

"Melihat trend Covid-19 yang sudah masuk di Pulau Jawa, saya pinta masyarakat untuk mengikuti anjuran presiden. Tetap memakai masker di ruangan tertutup," katanya.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menemukan subvarian baru yang dinamai BA.4 dan BA.5. Varian-varian ini pertama kali ditemukan 6 Juni 2022 pada empat orang.

Keempat orang yang terjangkit Covid-19 varian baru ini sudah melakukan vaksinasi lengkap. Adapun dari keempat orang tersebut, tiga di antaranya merupakan warga negara asing (WNA). Mereka terdeteksi terjangkit virus tersebut saat melakukan entry swab test di Bali.


 

 

Lebih lanjut, Kemenkes memastikan kondisi saat ini masih relatif aman walau mulai terjadi kenaikan kasus Covid-19. Sebab dari data yang dipaparkan kementerian, tingkat positivity rate Indonesia masih berada di angka 1,15 persen atau berada di bawah ambang batas 5 persen.

Meski begitu, Kemenkes mengimbau kepada masyarakat untuk segera menyuntikan vaksinasi dosis ketiga. Vaksinasi booster sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya lonjakan gelombang kasus Covid-19 selanjutnya.