Waspada! Jembatan penyeberangan Orang di Jalan Sudirman Keropos

jpo-rusak.jpg
(DEFRI/ RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di jalan Jenderal Sudirman kondisinya sungguh memprihatinkan.

Kondisinya terlihat tidak layak pakai, besi plat maupun tiang berkarat dan rusak sehingga sangat membahayakan bagi masyarakat yang melintas.

Besi jembatan terlihat mulai lapuk, sementara atapnya sudah lapuk dan copot hingga beberapa ruas lantai keropos.

Kondisi ini sangat membahayakan baik bagi pejalan kaki maupun warga yang berkendara yang melintas di bawahnya.

Seorang warga, Akmal harus ekstra hati-hati melintasi jembatan karena besi plat sebagai lantainya sudah mulai keropos, dikhawatirkan akan jebol.

"Lantai jembatan ada yang mulai bolong-bolong dan ada yang mulai lapuk. Jika tidak hati-hati bisa jatuh," ujar Akmal kepada RIAUONLINE.CO.ID, Kamis, 10 Februari 2022.


Akmal berharap Pemerintah Kota Pekanbaru dapat melakukan perawatan terhadap JPO agar kondisinya bisa lebih baik.

Jika hal ini masih terus dibiarkan, dikhawatirkan akan mengancam keselamatan warga, terutama para pengguna jalan.

Di sepanjang jalan Jenderal Sudirman ini terdapat sekitar empat unit JPO.

Walaupun aktifitas pejalan kaki sudah tidak seramai dulu, namun fasilitas umum ini masih dianggap penting oleh warga di Kota Bertuah.

Apalagi dengan kondisi jalan Jenderal Sudirman yang sangat sibuk dan padat lalu lintas, tentu JPO menjadi fasilitas penting untuk bisa menyeberang dari satu sisi jalan ke sisi lainnya.

"Jangan ada korban dulu baru dibenahi, seperti di daerah-daerah lain yang jembatan penyebrangannya ambrol dan menimpa warga. Jika hal tersebut terjadi, tentu kerugiannya jauh lebih besar," tambah Akmal.

Kawasan sepanjang jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru merupakan pusat kota yang banyak aktifitas perkantoran, jasa hingga perekonomian.

JPO menjadi salah satu akses penghubung, sehingga aktifitas tersebut bisa berjalan baik. Di harapkan, hal ini bisa menjadi perhatian pemerintah kedepannya, sehingga kondisi sarana publik dapat ter perhatikan dan lebih terjaga.

"Semoga segera diperbaiki," tutupnya.