7 Alat Musik Tradisional dari Riau, Ada untuk Memikat Anak Gadis

Genggong-Talang-Mamak.jpg
(istimewa)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Provinsi Riau terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera yang didominasi oleh Suku Melayu, kemudian Suku Minang, Batak, Jawa, Bugis, Tionghoa bahkan Sunda.

Membahas tentang kebudayaan, Riau memiliki beragam kebudyaaan salah satunya musik tradisional. Riau Online akan membahas mengenai Sejarah Riau, 7 Alat musik tradsional dari Riau, simak ulasannya berikut ini.

1. Genggong Talang Mamak

Genggong Talang Mamak | RIAU DAILY PHOTO

7 Alat musik tradisional dari Riau / riaudailyphoto.com

Alat musik ini merupakan musik tradisional yang berasal dari suku Talang Mamak, genggong dimainkan sebagai penghibur diri yang dilakukan pada beberapa perayaan seperti upacara adat, penghibur diri saat waktu istirahat, hiburan seraya menunggu padi masak dan acara-acara begawai.

Keunikan lain dari alat musik ini yaitu, genggong dimainkan ketika malam hari dengan tujuan untuk memikat anak gadis, bagi laki-laki dewasa yang masih lajang.

2. Kompang

Rebana kompang 18cm (kotek) | Lazada Indonesia

7 Alat musik tradisional dari Riau / lazada.co.id

Alat musik tradisional ini dijadikan sebagai alat kesenian gendang, kulit kompang terbuat dari bahan kulit lembu, kulit kambing, Kerbau dan getah sintetik.

 

 

Cara memainkannya dengan cara menepuk kulit kompang dengan telapak tangan atau jari-jari. Alat musik ini biasanya di mainkan ketika dalam acara kenduri, upacara adat dan perarakan.

3. Gambus

Mengenal Alat Musik Gambus | Klinik Musik

7 Alat musik tradisional dari Riau / klinikmusik.wordpress.com


Alat musik gambus merupakan jenis instrumental musik tradisional yang sering dijumpai hampir di seluruh kawasan Melayu.

Alat musik ini dimainkan sebagai sarana hiburan yang bernuansakan religius dan dimainkan secara individu, masuknya pendatang dari Arab untuk berdagang dan melakukan syiar Islam dalam berbagai cara salah satunya melalui musik.

Hal tersebut berpengaruh pada kebudayaan masyarakat Riau contohnya akulturasi budaya islam dalam bentuk alat musik gambus.

4. Gendang Silat


 

7 Alat musik tradisional dari Riau / budaya-indonesia.org

7 Alat musik tradisional dari Riau selanjutnya adalah Gendang silat yang biasa dimainkan untuk menyambut kedatangan Raja, para pembesar, perhelatan pengantin dan pengiring prosesi pernikahan melayu yaitu mandi taman.

Perpaduan alat musik gendang, serunai dan gong akan menghasilkan irama menarik, gendang silat biasa digunakan untuk mengiringi pesilat yang sedang melakukan pertunjukan silat untuk menyambut kedatangan Raja. Alat musik ini terbuat dari rotan, kayu dan kulit binatang.

5. Rebana Ubi

Wadaya | Warisan Budaya

7 Alat musik tradisional dari Riau / wadaya.rey1024.com

Alat musik tradisonal ini digolongkan alat musik perkusi. Cara memainkan alat musik ini dengan ditabuh atau dipukul dengan tangan kosong.

Rebana ubi digunakan untuk mengirimkan berita seperti pengumuman peringatan bahaya dan pernikahan. Rebana ubi diletakkan di atas bukit dan dilakukan mengikuti irama namun tergantung pada berita yang akan disampaikan. Saat ini rebana ubi hanya digunakan dalam upacara budaya tertentu.

6. Gedombak

Gedombak Drum percussion traditional malay 3D model | CGTrader

7 Alat musik tradisional dari Riau / cgtrader.com

Alat musik tradisional ini dimainkan secara bersama-sama dengan peralatan musik yang lain, cara memainkan gedombak ini adalah dengan dipukul.

Gedombak termasuk gendang yang memiliki bentuk kepala yang lebih besar dibandingkan dengan gendang pada umumnya. Dibeberapa daerah Melayu gedombak ini hanya digunakan dalam musik Menora dan Wayang Orang. Tetapi d Riau digunakan juga dalam musik Makyong.


7. Nafiri

Alat Musik Nafiri - Gambar Alat Musik

7 Alat musik tradisional dari Riau

Alat musik tradisional ini memiliki bentuk menyerupai terompet, pada zaman kerajaan alat musik ini termasuk salah satu alat musik yang penting untuk dimainkan ketika acara penobatan raja.

Sselain itu alat musik ini dipergunakan sebagai alat komunikasi penduduk melayu seperti menginformasikan berita kematian dan bencana alam.

 

 

 

Para pemainnya dinamakan dengan Orang Nobat yaitu orkestra musik kerajaan yang dipergunakan terutama sebagai penobatan raja dan penyambutan tamu istimewa.

Demikian informasi mengenai Sejarah Riau, 7 Alat musik tradisional dari Riau. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca.