Dr Eng Muslim: Kalau Semburannya Berkurang, Nanti Berhenti Sendiri

Pondok-Pesantren-Al-Ihsan19.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Beberapa waktu lalu, terjadi semburan lumpur di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ihsan Jalan Abdul Rahman Hamid Kelurahan Tuah Negeri Kecamatan Tenayan Raya. 

 

Dosen Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau (UIR), Dr Eng Muslim menjelaskan, semburan lumpur yang terjadi di Ponpes Al Ihsan merupakan hal yang umum terjadi. Pasalnya, kejadian serupa juga pernah terjadi dibeberapa wilayah  di Indonesia.

 

Pondok Pesantren Al-Ihsan12

Perubahan kondisi Ponpes Al-Ihsan di Kecamatan Tenayan Raya dalam semalam/kolase


 

Dr Eng mengatakan, untuk memastikan semburan itu berbahaya atau tidak, harus dilakukan pengecekan dengan menggunakan alat gas detektor. Dengan meletakkan gas detektor  itu maka akan terlihat berada persentase kadar kandungan gasnya. 

 

"Tidak perlu dilakukan penelitian. Tinggal meletakkan alat itu saja dilokasi tersebut," katanya. 

 

Dosen UIR ini mengungkapkan, kalau cuma air atau lumpur yang keluar itu tidak berbahaya. Dan nantinya akan berkurang dengan sendirinya dalam beberapa hari kedepan. 

 

 

 "Tetapi kalau tidak berkurang dalam beberapa hari kedepan, mulai dari tinggi semburannya, bunyi semburannya kemungkinan di bawah itu sumbernya luas. Tetapi kalau semburannya mulai berkurang  nanti akan berhenti dengan sendirinya," pungkasnya.