Ini Kata Gakkum KLHK Soal Susahnya Ungkap Pelaku Perusak Hutan di Riau

Eduard-Sembiring.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum (Gakkum) KLHK Wilayah Sumatera, Eduard Sembiring bersuara mengapa sampai saat ini mereka masih kesulitan dalam menetapkan tersangka kejahatan lingkungan yang ada di Riau.

Seperti kerusakan parah yang menimpa Taman Nasional Tesso Nilo di Kabupaten Pelelawan, Suaka Margasatwa (SM) Balai Raja yang ada di Bengkalis hingga SM Kerumutan di Kabupaten Pelalawan.

Dalam beberapa tangkapan terakhirnya, mereka bahkan mengamankan alat berat, operator dan kendaraan pengangkut hasil kayu jarahannya.

"Untuk penegakan hukum itu kita tidak hantam kromo. Kita lihat dari faktor keadilannya, pemanfaatan hingga adanya kepastian hukum," katanya usai memimpin apel gelar pasukan Satuan Polisi Hutan Reaksi Cepat (SPORCH) dalam rangka memperingati hari ulang tahun SPORCH ke-12 tahun, Jumat 26 Januari 2018.

Kalau tidak seperti itu, menururnya kasus yang nantinya akan dilimpahkan ke Kejaksaan akan mengambang bahkan tidak sampai terselesaikan.

Menurutnya, sungguh tidak adil jika hanya seorang operator yang tertangkap tangan tengah menebang hutan lindung malah ditetapkan sebagai tersangka. Meskipun itu bisa dijadikan sebuah kelalaian dari pekerjanya.


Sementara dibelakangnya masih banyak pihak-pihak lain yang memiliki andil besar dalam merusak hutan lindung maupun konservasi yang ada di Provinsi Riau.

Selain itu, mereka juga selalu mengedepankan peran aktif dari para pemangku kawasan. Di mana, bertanggung jawab penuh kepada dinas jika itu merupakan kawasan lindung. Hal serupa terjadi dengan kawasan konservasi maka akan berkordinasi penuh dengan BBKSDA Riau.

"Ketika mereka tidak bisa lagi melakukan fungsi pengamanannya seperti terjadi kerusakan selama bertahun-tahun, saya rasa itu perlu untuk kita untuk duduk bersama dalam mencari solusi terbaik seperti apa," jelasnya.

Untuk Kawasan Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Jambi, Gakkum ini di kepalai oleh Seksi Wilayah II yang bermarkas di Pekanbaru.(2)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id