Alhamdulillah, Siak Satu-satunya yang Dapat Bantuan Rusunawa dari Pusat

Siak-dapat-Bantuan-Rumah-Nelayan.jpg
(Effendi)

Laporan: EFFENDI

RIAU ONLINE, SIAK - Alhamdulilah, perjuangan Pemerintah Siak dalam hal ini dilakukan Dinas PU Tarukim, untuk kesejahtraan masyarakat miskin membuahkan hasil. Di Provinsi Riau, hanya bekas kerajaan Melayu Islam ini saja yang mendapat bantuan program Rumah Susunan Sederhana Sewa (Rusunawa) dan rumah khusus untuk nelayan.

Program ini berasal dari APBN Direktorat Penyediaan Perumahan dalam rangka 1 juta rumah tahun 2018. Pada bulan Oktober ini dilakukan pelelangan oleh Satker penyediaan rumah.

Baca juga: Rumah Bersubdisi DP 1 Persen Di Garuda Sakti, Jokowi: Bagus Kualitas Rumahnya

"Alhamdulillah, atas kegigihan dan petunjuk dari Bupati Siak, Pak Syamsuar, kita mendapat program Rusunawa dan rumah khusus untuk nelayan. Program ini diperuntukan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR),” kata Kadis PU Turakim Siak, Irving Kahar, Kamis, 14 September 2017.

Untuk Rusunawa, sambung Irving merincikan, akan dibangun sebanyak 96 unit type 24 m2 dan berlantai tiga. Sedangkan rumah khusus nelayan akan dibangun sebanyak 50 unit type 36.


Lokasi untuk pembangunan Rusunawa berada di Desa Pinangsebatang Timur, sedangkan untuk rumah khusus nelayan berada di Telukbathil.

Irving menjelaskan, untuk Rusunawa ini akan menambah PAD desa. Kalau untuk rumah khusus nelayan sifatnya hibah seperti rumah layak huni.

Pemkab Siak sendiri, sambung Irving, nantinya menyediakan prasarana air minum, jalan akses, listrik, dan termasuk proses IMB.

Sesuai rencana, untuk Rusunawa setelah selesai dibangun akan diserahkan ke Pemda Kabupaten siak agar dibuatkan Perda atau Perbup pengelolaannya. Sementara khusus utuk rumah nelayan akan dilakukan pemilihan nelayan yang berhak diberikan hibah. Nantinya akan ada tim seleksinya.

"Tadi sudah dilakukan penyerahan dari Satker untuk pembangunan Rusunawa dan rumah khusus nelayan," ucap Irving.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id