Masyarakat Pekanbaru di Tepi Aliran Sungai Diimbau Waspada Banjir

MUflihun62.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ancaman banjir masih mengintai masyarakat di Kota Pekanbaru, Riau, hingga akhir Januari 2023 mendatang. Kota Pekanbaru dari prediksi BMKG masih dalam kondisi musim hujan disertai angin kencang. 

"Khusus masyarakat di pinggiran sungai kita imbau lebih berhati-hati," papar Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, Rabu, 30 November 2022.

Menurutnya, curah hujan tinggi menandakan ancaman banjir masih ada. Ia menyebut sudah ada tim penanganan banjir dibentuk dalam status siaga darurat.

Mereka siaga di pos siaga darurat banjir yang didirikan oleh BPBD Kota Pekanbaru. Penanganan bencana banjir di Kota Pekanbaru melibatkan semua instansi terkait.

 

Adanya keterlibatan tim dari instansi terkait karena Kota Pekanbaru kini dalam status siaga darurat bencana banjir. Ia berharap semua pihak terkait tanggap dan cekatan dalam membantu upaya penanganan banjir.


Muflihun juga mengimbau agar masyarakat menjaga anak-anak dan keluarganya agar tidak sembarangan berenang di sungai. Imbauan ini untuk mencegah adanya anak yang terseret arus sungai sehingga tenggelam.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra juga mengingatkan agar masyarakat di tepi aliran sungai waspada karena terdapat potensi luapan air sungai. Tim BPBD Kota Pekanbaru membantu pengawasan di lokasi rawan banjir.

Zarman memastikan kondisi aliran sungai saat ini masih terkendali karena kondisinya surut. Namun masyarakat harus tetap waspada karena potensi banjir masih saja bisa terjadi.

"Masyarakat bisa melapor ke posko siaga darurat banjir di BPBD Pekanbaru, agar bisa ditindaklanjuti oleh tim ke lapangan," ulasnya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat bisa mewaspadai peralihan cuaca yang ekstrim setiap harinya. Mereka juga mengantisipasi adanya angin kencang.