Riau Tambah 4 Positif, Tiga Terjangkit dari Provinsi Pandemi Covid-19

Gubernur-Syamsuar.jpg
(Riau Online)
RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jumlah pasien terkonfirmasi positif virus corona atau Covid-19 di Riau bertambah menjadi empat orang hingga berjumlah tujuh pasien, Kamis, 2 April 2020. 
 
Sebelumnya, di Riau terdapat tiga pasien positif Covid-19. Ketiganya merupakan anggota Jemaah Tabligh. Dari total 7 kasus positif Covid-19, satu pasien sudah dinyatakan sembuh dan kembali ke rumahnya.
 
Masih ada enam pasien lagi menjalani perawatan secara intensif pada sejumlah rumah sakit di Riau. 
  
Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, pasien keempat positif Covid-19 berinisial DS (31), warga Tenayan Raya, Pekanbaru. Saat ini sudah diisolasi dan dirawat di rumah sakit di Kota Pekanbaru.
 
"Pasien DS memiliki riwayat perjalanan dari Sumbar, 23 Maret kemarin," kata Gubernur Syamsuar. 
 
Kemudian, tuturnya, pasien kelima berinisial R (58), warga kecamatan Limapuluh, Pekanbaru. Saat ini, R sudah diisolasi dan dirawat pada rumah sakit di Kota Pekanbaru.
 
Pasien R memiliki riwayat kontak dengan sang suami berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). "Tapi hasil uji swab, suami dari pasien R ini negatif Covid-19," ujarnya.
 
Selanjutnya, kata Syamsuar, pasien keenam positif Covid-19 i Riau berinisial SA (61), warga Bogor, Jawa Barat. Saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Dumai. 
 
"Pasien SA memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit, Bogor, 12 Maret lalu," jelas Syamsuar. 
 
Terakhir, pasien positif ketujuh adalah RBT (50), warga Kabupaten Pelalawan. Saat ini, sudah diisolasi dan dirawat di Pekanbaru. 
 
"Pasien RBT memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit, Jakarta, 13 Maret kemarin," ujarnya. 
 
Dengan adanya penambahan kasus pasien positif Covid-19 ini, Syamsuar mengimbau masyarakat agar tetap tenang, jangan panik. Masyarakat tetap harus melakukan pembatasan fisik atau physical distancing. 
 
"Tetap dirumah dan hindari keramaian. Kalau harus keluar, pakai masker, rutin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta jaga pola hidup sehat," katanya. (*)