Marshanda Ceritakan Kisahnya sehingga Mengalami Gangguan Bipolar

Marshanda.jpg
([suara.com/Wahyu Tri Laksono])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Sempat didiagnosa mengalamai gangguan Bipolar, artis cantik Marshanda mengaku sudah bisa move on dari masa lalunya. Pada tahun 2009 silam, Marshanda sempat mengejutkan publik dengan sebuah video yang publikasikan di Youtube. Dalam rekaman video itu, ia meluapkan emosi kesedihan dan kemarahan.

Perempuan kelahiran 10 Agustus 1989 itu mengakui dirinya didiagnosis gangguan bipolar oleh dokter. Namun Marshanda mengatakan, gangguan tersebut karena ia mempunyai trauma masa lalu yang dipendamnya sendiri.

"Memang aku punya sakit mental penyebabnya bukan diri aku. Mungkin penyebabnya pola asuh yang tanpa sadar, tanpa sengaja orangtua lakukan, ternyata menimbulkan trauma masa lalu, batin, atau luka batin, pernah di-bully di SD," kata Marshanda, ditemui di kawasan Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Jumat 15 November 2019.

Menurut Chaca sapaan akrab Marshanda, perasaan yang telah dipendamnya sejak lama itu, akhirnya tak dapat diatasinya lagi. Sehingga muncullah rekaman video dirinya sebagai bentuk pelampiasan.

"Mungkin karena itu, mungkin biologi otakku ada hormon-hormon yang nggak keluar," ujar Marshanda.

Seiring berjalannya waktu, mantan istri Ben Kasyafani itu semakin membaik. Marshanda harus melawan energi negatif dalam dirinya sendiri dengan berbagai cara penyembuhan. Marshanda mengkaui, keberadaan orang-orang tercinta membuatnya bangkit dari keterpurukan masa lalu.

 

"Bukan salah gue penyebabnya, tapi untuk menyembuhkan adalah tanggung jawab aku. Jadi aku treatment, konseling, seminar, belajar tentang psikologi, belajar tentang diri sendiri, menyembuhkan diri sendiri," terang Marshanda.

"Aku harus lakukan itu, demi anakku, demi tim manajemen ku, demi fans, demi keluargaku, demi orang-orang-orang yang satu sinetron, satu talk show sama aku," tutur Marshanda.

Artikel ini sudah terbit Suara.com