Gunakan 5 Bahan Ini Untuk Menghilangkan Ketombe

ketombe.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Keberadaan ketombe di kulit kepala tentu saja sangat mengganggu penampilan anda. Ketombe pada dasarnya dapat muncul pada semua rentang usia, namun lebih mungkin terjadi pada usia 20 sampai 30 tahun. Ketombe biasanya bisa menyebabkan kulit kepala kering, rambut rontok dan pastinya kepercayaan diri berkurang karena hal ini.

Beberapa cara alami yang telah dirangkum HiMedik berikut mampu secara efektif menghilangkan ketombe, dilansir brightside.

1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh atau tea tree oil bisa menjadi penyelamat buatmu ketika ada ketombe. Ini bisa memberikan efek langsung karena sifat anti bakteri dan anti jamur yang terkandung di dalamnya

Caranya, tambahkan 8-10 tetes minyak pohon teh dalam botol sampo 200 ml. Cucilah rambutmu seperti biasa kemudian biarkan beberapa menit agar menyerap. Lalu bilas sampai bersih.

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan seperempat bagian minyak kelapa atau almond dengan 15 tetes minyak pohon teh. Pijat isi kepala dengan campuran ini kemudian biarkan semalam. Cuci keesokan harinya.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel yang belum difilter bisa digunakan untuk mengobati kulit gatal dan kering yang menyebabkan ketombe. Kandungan asam yang ada dalam cuka sari apel mengubah pH kulit kepala, membuat jamur lebih sulit untuk tumbuh.

Caranya: Campurkan cuka sari apel dengan air dalam proporsi yang sama. Setelah mencuci rambut, aplikasikan campuran ke rambut selagi basah. Campuran harus dipijat ke dalam kulit kepala dan kemudian dibiarkan selama 15 menit sebelum kamu membilasnya.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa sering disebut sebagai "berkah untuk rambut" karena tak ada satu masalah terkait rambut yang tak dapat disembuhkan olehnya.

Minyak kelapa memiliki sifat anti jamur yang membantu menghilangkan ketombe. Ini juga mengandung asam laurat, kaprilat, dan kaprat untuk menyehatkan rambut yang rusak.

Caranya mudah, panaskan minyak kelapa (sesuai panjang rambutmu). Gosokkan minyak ke kulit kepala dan rambut selama 5 menit. Biarkan semalam. Di pagi hari, cuci dengan sampo biasa.

4. Baking soda

Sodium bikarbonat atau yang biasa dikenal sebagai baking soda telah terbukti bermanfaat pada 40 dermatofita, 18 jamur dan 12 infeksi terkait jamur di berbagai bagian tubuh.

Soda kue juga merupakan eksfoliator yang sangat baik sehingga mengaplikasikannya ke kulit kepala akan mengangkat sel kulit mati. Sekarang, karena soda kue juga bersifat basa / alkalin, ia juga membantu menyeimbangkan pH kulit kepala.

Nah, caranya mudah, tambahkan soda kue ke dalam sampo dan gunakan seperti biasa. Kamu juga dapat menggunakan kombinasi cuka sari apel dan baking soda bersama. Buat campuran kemudian pijat pada kepala lalu bilas.

Cara lain, buat campuran soda kue dan minyak mawar, oleskan ke kulit kepala, biarkan selama 2-3 menit, lalu bilas dengan air dingin. Ingat, jangan gunakan baking soda langsung pada kulit ya.

5. Lemon

Ini bisa menyeimbangkan pH kulit kepala dan menyembuhkan gatal. Lemon juga membantu menyingkirkan kelebihan lemak dan minyak dari kulit kepala yang mengurangi penyebaran jamur yang menyebabkan ketombe.

Cara penggunaannya, ambil jus lemon dan aplikasikan pada kulit kepala. Biarkan selama 35-40 menit. Bilas dengan air. Kamu juga dapat menggunakan kombinasi lemon + madu. Lakukan dengan cara yang sama.

Artikel ini lebih dulu tayang di Suara.com dengan judul: Ketombe Susah Hilang? Pakai Lima Cara Alami Ini, Mudah kok!