Dinkes Riau Galakkan Bebas Asap Rokok Peringati Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Rokok-2.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Memperingati Hari Tembakau Sedunia yang jatuh pada 31 Mei 2017 mendatang, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir sudah mempersiapkan program jitu untuk memaksimalkan peringatan, hari dimana dunia terbebas dari asap rokok.

"Mengenai Hari Tembakau secara detail bisa dikatakan bahwa kami akan menyebarkan surat edaran di seluruh instansi Pemprov Riau supaya taat dan patuh untuk membuat lingkungan kerjanya bebas tanpa asap rokok. Itu telah sesuai gerakan untuk tidak merokok," katanya di kantor Dinkes Riau, Rabu 24 Mei 2017.

Mimi menyebutkan, bebas asap rokok juga ditujukan kepada tempat-tempat publik yang notabennya digunakan sebagai lokasi untuk mengobati orang sakit, seperti Puskesmas dan tempat lainnya.

Baca Juga: Sambut Ramadan, Dinkes Riau Persiapkan 5 Pelayanan Prima Untuk Masyarakat

"Itu juga termasuk pojok laktasi, dimana tidak boleh sedikitpun ada aroma asap rokok. Utamanya pada pelayan publik, instansi pemerintahan, sekolah. Itu semua akan kita sosialisasi saja," tandasnya.

Dokter ini juga berkeyakinan bahwa tak mudah untuk mengubah kebiasaan masyarakat yang sudah terjerat belenggu rokok untuk berpindah dan tidak mengkonsumsi lagi.

Perlu tekat sekeras baja untuk dapat terbebas dari belenggu ancaman kematian yang disebabkan oleh rokok. "Merubah habit apalagi terhadap merokok itu tidaklah mudah. Perlu tekat dan rutinitas," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline