Sambut Ramadan, Dinkes Riau Persiapkan 5 Pelayanan Prima untuk Masyarakat

Dinkes-Riau2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menyambut bulan suci Ramadan 1438 H, Dinas Kesehatan (Dinkes) Riau mempersiapkan 5 pelayanan prima kepada masyarakat agar dapat menjalani ibadah puasa dengan lancar.

"Dalam penanganannya, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinkes Riau telah mempersiapkan beberapa hal terkait kehadiran negara untuk melayani warganya dalam menghadapi bulan suci Ramadan," kata Kepala Bidang (Kabid) Yankes Dinkes Riau, dr. Yohanes, Rabu, 25 Mei 2017.

Terkait ketersediaan tempat pelayanan kesehatan pada bulan suci Ramadhan, beberapa pelayanan terbaik telah dihadirkan kepada masyarakat.

"Pertama kita sampaikan bahwa puasa itu menyeimbangkan metabolisme tubuh. Sehingga puasa itu konteksnya untuk menyehatkan tubuh. Tiap-tiap Puskesmas di Riau telah membuat promosi tentang kesehatan dan puasa yang menyehatkan," tambahnya.

Baca Juga: Kapolda Riau: Jangan Sembarangan Sweeping Saat Puasa Ramadan

Kedua, Dinkes Riau telah menyarankan untuk membuat leafleat terkait persiapan makanan bersih dan terus memantau pedagang makanan dadakan, dengan menggandeng Balai Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Riau untuk membuat sampling dari para pedagang dadakan di bulan Ramadan.

"Selanjutnya, terkait mutasi penduduk, kami telah menyiapkan pos kesehatan yang bersatu dengan pos keamanan terutama yang berada di daerah lintas dalam bentuk pelayanan apapun," tegasnya.

Keempat, Dinkes Riau telah meminta kepada Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) untuk tidak mempersulit masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa memandang domisili.

Klik Juga: Kapolda Riau Tegaskan Sanksi Bagi Penimbun Kebutuhan Pokok Jelang Ramadan

"Contohnya begini, seringnya kan di awal bulan hingga akhir Ramadan itu terjadinya pertukaran penduduk. Bagi pengguna BPJS yang tengah menderita sesuatu penyakit dan membutuhkan pertolongan, BPJS tak pandang mereka dari wilayah mana. Itu berlaku H +7 Ramadan," tandasnya.

"Terakhir, imbauan khusus bagi para sopir angkutan umum yang berada di terminal maupun di jalanan, agar dapat memeriksakan dirinya ke klinik dan pelayanan yang telah kita sediakan sebelum membawa kendaraannya," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline