Inilah Kebiasaan Buruk Jika Anda Suka Ngupil

Ngupil.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Tahukah Anda, jika kebiasaan sering ngupil bagi sebagian orang bukan hanya melanggar hal tabu dan tidak sopan , melainkan juga berpengaruh buruk pada kesehatan.

 

Dampak kesehatan dapat diakibatkan kebiasaan sering ngupil di antaranya, perdarahan karena lukanya permukaan rongga hidung, infeksi saluran napas karena kuman terbawa jari tidak bersih, dan peradangan di sekitar rongga hidung akibat pergesekan dengan tangan. (Baca Juga: Normalkah Keluar Mani Walau tak Terangsang

 

"Bahkan, satu sumber menyebutkan tentang hubungan kebiasaan sering ngupil dan kanker. Walaupun penyebab kanker belum dapat diketahui secara pasti, namun peradangan kronis dapat menjadi salah satu pencetusnya," kata anggota anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com, dr Dyan Mega Inderawati. 

 

Kebiasaan mengupil berlangsung lama, tuturnya, dapat mengakibatkan peradangan kronis. Akan tetapi untuk mengetahui hubungan langsung antara keduanya, tetap diperlukan penelitian lebih lanjut.

 

Walaupun menjadi sesuatu dianggap tidak sopan, kata Dyan Mega, nyatanya masih banyak masyarakat mengaku sering ngupil. Studi dilakukan di Dane County, Wisconsin menyebutkan, dari 254 responden ditanya, 75 persen menjawab, kebiasaan sering ngupil adalah hal wajar dan biasa dilakukan. (Klik Juga: Anda Sering Kesemutan? Waspadai Penyebabnya


 

Sebaliknyal, 1,2 persen mengupil setidaknya setiap jam, 2 responden (0,8 persen) mengatakan, kebiasaan sering ngupil mempengaruhi aktivitas harian mereka. Dua responden menghabiskan waktu 15-30 menit tiap 1-2 jam untuk mengupil.

 

Lalu bagaimana jika kebiasaan sering ngupil menjadi terlalu sering dilakukan sehingga mendominasi aktivitas harian anda? Mungkin terdengar janggal di telinga.

 

"Namun terdapat suatu kelainan psikiatri atau kejiwaan dinamakan Rhinotillexomania dimana kebiasaan sering ngupil menjadi suatu kegiatan dilakukan berulang-ulang tanpa disadari dan sulit untuk dapat dikontrol," jelasnya.

 

Apabila Anda merasa kebiasaan sering ngupil sudah mengganggu aktivitas lainnya, mungkin sudah saatnya mencari pertolongan dengan konsultasi ke dokter spesialis psikiatri. (Lihat Juga: Suka Makan Sosis dan Hotdog? Makanan Ini Pemicu Kanker

 

Sedikit tips mungkin dapat membantu mengurangi kebiasaan ini adalah dengan mengoleskan minyak atau krim yang berbau tajam seperti peppermint atau cengkeh.

 

Aroma yang tajam ini diharapkan dapat segera membuat penderita “tersadar” saat hendak memasukkan tangan ke dalam rongga hidungnya. Sekarang saatnya anda evaluasi kebiasaan mengupil anda. Apakah Anda adalah salah satu penderita Rhinotillexomania?

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline