Kata Erick Thohir Soal Shin Tae-yong Tinggalkan Kursi Pelatih usai Piala Asia 2023

Shin-Tae-yong15.jpg
([Twitter/@PSSI])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dikabarkan bakal angkat kaki usai gelaran Piala Asia 2023. Meski tidak disebut secara detail, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan sudah ada pembicaraan dengan pelatih asal Korea Selatan itu.

Kontrak Shin Tae-yong bersama PSSI akan selesai akhir Desember 2023. Namun, ada Piala Asia 2023 yang berlangsung pada Januari-Februari 2024 yang masih menjadi tanggungjawabnya.

Belakangan ini ada rumor Shin Tae-yong bakal meninggalkan Timnas Indonesia usai Piala Asia 2023. Kabar tersebut pertama kali muncul dari media Korea Selatan. Disebutkan ada indikasi sang pelatih bakal meninggalkan skuad Garuda.

"Memang sudah ada pembicaraan dengan Shin Tae-yong bahwa beliau itu kontraknya habis pada Desember (2023). Kan opsinya perpanjang atau tidak perpanjang? tapi kita ada kesepakatannya kita akan persiapkan sampai Piala Asia," kata Erick Thohir di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (26/5/2023).


Nanti itu ada Kualifikasi Piala Dunia (9-17 Oktober) yang harus kita hitung ulang dan dua belah pihak sudah menyepakati. Jadi saya rasa hal yang gentleman disampaikan kita berdua daripada ngomong di belakang harus punya kesempatan yang sama semua coach," ucapnya.

Shin Tae-yong ditunjuk sebagai pelatih timnas Indonesia sejak 2019, di era kepemimpinan Mochamad Iriawan. Ia awalnya ditugaskan menukangi tim nasional senior, U-23, dan U-20

Namun di era kepemimpinan Erick Thohir, Shin Tae-yong hanya bertugas memimpin timnas senior. Sementara U-23 diberikan kepada Indra Sjafri.

Belum ada gelar juara yang diraih Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong. Prestasi terbaiknya adalah mengantarkan skuad Garuda ke putaran final Piala Asia 2023 dikutip dari suara.com