Gerak Cepat Sodorkan Proposal Gantikan Indonesia, Argentina Dipuji Presiden FIFA

Gianni-Infatino2.jpg
(Instagram@fifa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) bergerak cepat menyampaikan proposal untuk menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Aksi cepat kampiun piala dunia 2022 itu dipuji Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Argentina resmi mengirim surat pengajuan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Kamis (30/3/2023) dalam rapat Asosiasi Sepakbola Amerika Latin (CONMEBOL) yang dihadiri FIFA.

Negara yang belum lama ini menjuarai Piala Dunia U-20 itu disebut Gianni Infantino sebagai "satu-satunya kandidat yang telah mengajukan proposal yang sudah dapat garansi dari pemerintah."

Infantino pun memberikan pujian kepada pemerintah Argentina dan AFA yang bergerak sangat cepat dalam proses pengajuan proposal sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

"Saya ingin berterima kasih kepada Asosiasi Sepak Bola Argentina yang mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," tulis Infantino di Instagramnya, Jumat (31/3/2023).


"Terima kasih sekali lagi kepada Presiden AFA Claudio "Chiqui" Tapia dan pemerintah Argentina untuk mengatur proposal yang sedemikian cepat."

Meski memberi syarat positif, FIFA disebut Infantino belum membuat keputusan. Pemilihan tuan rumah baru untuk Piala Dunia U-20 2023 akan disampaikan dalam dua atau tiga hari mendatang.

"Itu benar-benar membuat hidup kami sedikit lebih mudah. Biro Dewan FIFA akan memutuskan negara tuan rumah dalam beberapa hari ke depan."

FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Rabu (29/3/2023). Dalam keterangannya, tidak dijelaskan dengan rinci apa penyebab utama dari keputusan itu.

Namun, gelombang penolakan terhadap timnas Israel disinyalir jadi dasar keputusan tegas FIFA.

Sebelum mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah, FIFA sudah lebih dulu membatalkan drawing yang sejatinya bakal bergulir di Bali pada hari ini, Jumat (31/3/2023).

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023,” tulis pernyataan FIFA di situs resmi.

Dalam keterangannya, FIFA menyebut Piala Dunia U-20 2023 akan tetap berlangsung sesuai jadwal yakni 20 Mei hingga 11 Juni mendatang dikutip dari suara.com