Tolak Israel, Pengamat Sebut Elektabilitas PDIP dan Ganjar Tidak akan Turun

Ganjar-Pranowo18.jpg
(Dok Pemprov Jateng)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno menyebut sikap PDIP dan Ganjar Pranowo tidak mempengaruhi elektabilitas keduanya untuk Pemilu 2024.

Banyak yang memprediksi aksi Ganjar dan PDIP menolak timnas Isral dianggap bunuh diri alias blunder. Pernyataan kader PDIP itu juga dianggap biang kerok pencabutan status tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA.

Adi menilai jika pemilu diselenggarakan pada 2024, maka besar kemungkinan masyarakat telah melupakan peristiwa ini.

"Secara umum, memori kolektif masyarakat kita itu pendek," kata Adi saat dihubungi, Jumat (31/3/2023).

Hal itu terbukti ketika Partai Golkar kerap mendapat kritik melalui demonstrasi besar-besaran oleh para aktivis karena menilai Golkar sebagai partai politik yang berafiliasi dengan otoritarian pada Orde Baru.


"Namun nyatanya, Golkar keluar sebagai pemenang pemilihan legislatif 2004," tambah Adi.

PDIP juga sering dikonotasikan sebagai partai politik yang tidak ramah dengan umat muslim.

Tetapi, partai berlambang banteng tersebut justru memenangkan Pemilu 2014 dan 2019.

"Masyarakat kita cenderung menentukan pilihan politik seminggu atau sehari atau dua hari sebelum pencoblosan," ujarnya.

Menurutnya, anggapan bahwa elektabilitas Ganjar sebagai calon presiden akan turun karena penolakannya terhadap timnas Israel terlampau sederhana.

"Banyak contoh kasus partai dibully, calon dibully, bahkan dimaki-maki tapi nyatanya mereka tetap kuat sampai sekarang karena memori masyarakat kita pendek," ungkapnya.

Sebelumnya, Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Langkah tersebut dilakukan FIFA setelah muncul berbagai penolakan terhadap kehadiran Timnas Israel dikutip dari suara.com