´╗┐

Timnas Indonesia Unggul 2-0 atas Filipina di Babak Pertama

Pemain-timnas-indonesia29.jpg
(Dok PSSI)

RIAU ONLINE, MANILA-Timnas Indonesia superior atas Filipina di babak pertama piala AFF 2022. Timnas mampu unggul 2-0 atas tuan rumah Timnas Filipina pada babak pertama laga pamungkas Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (2/1/2023) malam WIB.

Gol dicetak Dendy Sulistyawan berkat assist lemparan maut Pratama Arhan serta tendangan roket Marselino Ferdinan.

Secara mengejutkan Filipina membuat sulit Indonesia saat pertandingan berjalan 10 menit. Gawang Nadeo Argawinata beberapa kali dalam bahaya, untungnya tekanan-tekanan Filipina masih bisa dinetralisir.

Timnas Indonesia sendiri terbilang kesulitan membangun serangan ke gawang Filipina. Marc Klok dan kawan-kawan lebih banyak bermain penguasaan bola di area pertahanan sendiri.

Namun, setelah 15 menit permainan Indonesia jauh membaik. Skuad Garuda praktis mendominasi dalam berbagai aspek.

Gol yang ditunggu-tunggu Indonesia akhirnya datang pada menit ke-20. Lemparan maut Pratama Arhan dari sisii kiri disundul dengan deras ke dalam gawang oleh Dendy Sulistyawan. Indonesia membuka skor dari skema set-piece direct.

Selepas gol tersebut, Indonesia mendapat masalah setelah ditarik keluarnya Nadeo Argawinata pada menit ke-23. Sang pemain mengalami cedera. Dia keluar lapangan sambil menangis dan digantikan Syahrul Trisna.


Selepas unggul 1-0, Indonesia tampil semakin nyaman dikutip dari suara.com

Dendy Sulistyawan tampil sangat bagus di babak pertama ini. Beberapa kali ia juga mendapat peluang setelah gol pertamanya, seperti pada menit ke-34 di mana tembakan kaki kiri mendatar melengkungnya dari dalam kotak 16 menyamping tipis saja di samping gawang Filipina.

Timnas Indonesia hampir saja menambah keunggulan di menit-menit akhir pertandingan. Sayang, tendangan kapten Fachruddin Aryanto dari jarak cukup dekat melambung tinggi di atas sasaran.

Akhirnya Timnas Indonesia menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-43. Umpan Saddil Ramdani diteruskan tendangan roket Marselino Ferdinan.

Tidak lagi ada gol tercipta sampai turun minum. Timnas Indonesia sementara unggul 2-0.

Susunan Pemain:

Timnas Filipina XI (4-3-3): Anthony Abadies; Simen Alexander, Jefferson Tabinas, Kenshiro Michael, Oliver Saludares; Amani Santos, Stephan Schrock, Christian Rontini; Hikaru De Asis, Pocholo Arellano, Audie Bantas.

Pelatih: Josep Ferre (Spanyol)

Timnas Indonesia XI (4-4-1-1): Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam; Marc Klok, Marselino Ferdinan, Saddil Ramdani, Ricky Kambuaya; Witan Sulaeman; Dendy Sulistyawan.

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)