Pertemuan Timnas Indonesia vs Filipina dalam Catatan Sejarah

Pemain-Timnas-Indonesia-rayakan-gol.jpg
(Foto: PSSI via Suara.com)

RIAU ONLINE - Timnas Indonesia dan Filipina sepanjang sejarah sudah pernah bertemu sebanyak 24 kali. Delapan di antaranya terjadi di ajang Piala AFF.

Timnas Indonesia secara head-to-head memang jauh lebih unggul dari pada Timnas Filipina. Skuad Garuda sukses menang lima. Dua laga lainnya berakhir imbang dan satu sisanya kalah.

Skuad Garuda memang jauh lebih unggul, terutama pada lima perjumpaan awalnya dengan Filipina di ajang Piala Tiger, seperti dilansir dari Suara.com, Minggu, 1 Januari 2023.

Pertemuan pertama terjadi pada ajang Piala Tiger 1988. Kala itu, duel fase penyisihan grup sukses dimenangkan skuad Garuda dengan skor 3-0.

Di Piala Tiger 2000 keduanya kembali bertemu. Duel kali ini skornya masih sama dengan edisi sebelumnya, yakni 3-0.

Timnas Indonesia mencatatkan kemenangan terbesar atas Filipina, tepatnya saat keduanya bertemua di Piala Tiger 2002.


Skuad Merah Putih saat itu sukses menang telak dengan skor 13-1. Bambang Pamungkas dan Zaenal Arif menjadi bintang kemenangan karena masing-masing mencatatkan quattrick.

Indonesia juga masih terlalu tangguh untuk ditumbangkan Filipina, setidaknya hingga satu pertemuan berikutnya di Piala AFF. Sebab, pada Piala AFF 2010, Indonesia sukses menang 1-0.

Namun akhirnya, Indonesia harus mengakui keunggulan The Azkals pada Piala AFF 2014. Ini menjadi kekalahan pertama Timnas Indonesia setelah digulung dengan skor 0-4.

Pada pertemuan terakhir di Piala AFF, skuad Merah Putih dan Filipina selalu kompak berbagi poin alias bermain imbang.

Momen ini terjadi pada edisi 2016 saat keduanya bermain dengan skor 2-2, dan Piala AFF 2018 di mana laga ditutup dengan skor kacamata.

Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Filipina di Piala AFF