Kemarin ke Indonesia, Terjawab Pemain Favorit dan Ratu Elizabeth II

Michael-Owen2.jpg
([Instagram])

RIAU ONLINE, LONDON-Kemarin ke Indonesia, terjawab klub dan pemain favorit Ratu Elizabeth II. Ratu Elizabeth II meninggal dunia.  Dunia sepak bolanya mengingat sang ratu memiliki satu pemain favorit asal klub Kota Pelabuhan. Siapa pemain bola favorit Ratu Elizabeth?

Kabar mengenai meninggalnya Ratu Elizabeth II dibagikan pada Jumat (9/9/2022) setelah sehari sebelumnya menjalani perawatan medis intesif di kediamanya.

Kondisi kesehatan sang ratu memang dikabarkan mengalami penurunan, hal itu juga disebabkan faktor usianya yang sudah mencapai 96 tahun di tahun ini.

"Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini." bunyi laporan Istana Buckingham, Jumat (9/9/2022) dini hari WIB.

Dunia sepak bola Inggris tentu berduka dengan meninggalnya sang ratu, mengingat sepak bola menjadi salah satu dari dua olahraga yang menjadi favorit semasa hidupnya.

Inggris menjadi leluhur lahirnya sepak bola modern, dengan klub-klub top yang muncul tak hanya di papan atas klasemen tetapi juga medioker.

Beberapa fakta menunjukkan jika Ratu Elizabeth II memiliki klub kesayangan yang berbasis di Kota London, bukan Chelsea ataupun Arsenal.


West Ham United lah yang sukses membuat sang ratu kepincut, hingga pernah memberi izin menggunakan lapangan miliknya bagi The Hammers.


Meskipun sosok pemain favoritnya tidak berasal dari London, Sven-Goran Eriksson pernah mengungap siapa pemain yang jadi favorit sang ratu.

Pria asal Kota Pelabuhan, yang pernah membela Liverpool dan Manchester United sukses membuat sang ratu menjatuhkan pilihan pemain favoritnya kepadanya.

"Saya diundang makan siang dengan Ratu bersama sekitar 10 orang lainnya," ucap Sven-Goran Eriksson seperti dikutip dari Sportbible.

"Saat itu, saya bertanya apakah dia suka sepak bola. Dia bilang tidak terlalu (suka). Saya menanyakan pemain atau tim favoritnya.

"Saya pikir dia akan mengatakan (David) Beckham. 'Michael Owen adalah pemain favorit saya,' katanya." imbuhnya.

Michael Owen mengawali karier sebagai pemain jebolan akademi Liverpool, salah satu pemain asal Inggris yang pernah meraih Ballon d'Or.

Di akhir masa jayanya, Owen sempat bermain untuk Real Madrid sebelum kembali ke Britania Raya membela Manchester United.

Michael Owen pernah berkarier di Liverpool, Real Madrid, Newcastle United, Manchester United, dan Stoke City sebagai pemain.

Di level internasional, Owen pertama kali bermain untuk timnas senior Inggris pada tahun 1998 dan menjadi pemain dan pencetak gol termuda di timnas saat itu.

Ia ikut berpartisipasi di Piala Dunia FIFA 1998, Euro 2000, Piala Dunia FIFA 2002, Euro 2004, dan Piala Dunia FIFA 2006.

Di Piala Dunia 2006, ia mendapat cedera parah yang membuatnya harus absen dari lapangan hijau hampir satu tahun lamanya dikutip dari suara.com

Total, ia telah mencetak 40 gol dari 89 penampilan untuk timnas dan masuk dalam daftar 10 pemain yang paling banyak tampil membela Inggris.