Peroleh ISO 27001, XL Axiata Jamin Keamanan Data Pelanggan

Peluncuran-XL-PRIO-oleh-XL-Axiata.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: DARA FITRIA 

RIAU ONLINE - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil meraih Sertifikasi ISO 27001 sebagai standar baku penerapan Information Security Management System (ISMS).

Sertifikasi ini diberikan kepada suatu perusahaan atas kemampuannya dalam merencanakan, mengelola, mereview dan melakukan peningkatan lebih lanjut atas upaya mengamankan informasi di perusahaan.

Dalam hal ini, ruang lingkup disertifikasi oleh XL Axiata berkaitan dengan data pelanggan. Dengan meraih Sertifikat ISO 27001, maka XL Axiata telah memenuhi sejumlah ketentuan pemerintah yang ditujukan kepada pelaku industri vital dan strategis seperti telekomunikasi. 

“XL Axiata berkomitmen untuk terus meningkatkan kenyamanan dan rasa aman bagi pelanggan dengan menerapkan standar internasional ISO 27001 dalam menjaga keamanan data pelanggan," tutur Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata Yessie D Yosetya.

Asyik, XL Axiata 4,5G Xperience Zone Di Pekanbaru

Ingin Paket Data, SMS Dan Telepon Gratis? Aktifkan XL PRIO Anda Segera

Ia menjelaskan, XL Axiata sebenarnya juga sudah mendapatkan Sertifikasi ISO 27001 sejak 2016 lalu. Namun masih dalam ruang lingkup terbatas pada unit bisnis berhubungan dengan produk enterprise.

Kemudian pada tahun ini, XL Axiata kami perluas lagi ruang lingkupnya hingga mencakup layanan end-to-end proteksi data pelanggan, baik yang ada di sisi layanan telekomunikasi maupun sisi Teknologi Informasi.


"Bukan hal mudah memperoleh Sertifikasi ISO 27001 ini, karena selain harus lolos audit dari badan sertifikasi ISO, juga harus mampu secara konsisten menjalankan sistem keamanan yang sesuai standar tinggi ini secara ketat di mana secara berkala juga dilakukan audit setiap tahun," ungkap Yessie kepada RIAUONLINE.CO.ID, dalam rilisnya. 

Yessie mengatakan, berbekal Sertifikasi ISO 27001 dari British Standard Institute (BSI) tersebut, kini XL Axiata telah memiliki kemampuan sebanding dengan perusahaan-perusahaan kelas dunia dalam memproteksi data pelanggan.

Pencapaian atas kemampuan ini, tuturnya, menjadi modal sangat berharga bagi XL Axiata guna meningkatkan kepercayaan pelanggan dan masyarakat luas untuk menggunakan layanan atau solusi XL Axiata.

BSI sendiri selain sebagai badan sertifikasi ISO juga merupakan lembaga yang menjadi rujukan standarisasi di Inggris. Sementara itu, beberapa peraturan menjadi acuan untuk pemenuhan jaminan keamanan data pelanggan antara lain adalah Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 12 / 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi (beserta perubahan-perubahannya) dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 20 / 2016 Tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik. 

XL All Out Perbaiki Jaringan Demi Kenyamanan Pelanggan Saat Lebaran

Asyik, XL Hadirkan YouTube Tanpa Kuota Dan Gratis Akses Genflix. Begini Caranya

Mengenai kewajiban pelanggan untuk melakukan registrasi kartu prabayar prosesnya masih terus berlangsung saat ini, dengan diraihnya Sertifikasi ISO 27001 ini, XL Axiata juga berharap kepercayaan pelanggan terhadap XL Axiata sebagai operator juga semakin meningkat. 

Terutama dalam penanganan data-data pelanggan. Hal ini juga sesuai dengan ketentuan dalam regulasi di atas. Setelah memiliki Sertifikat ISO 27001, XL Axiata juga akan semakin percaya diri mengembangkan layanan, terutama solusi berbasis enterprise dengan pelanggan dari kalangan perusahaan.

"Untuk solusi-solusi bisnis tersebut aspek pengamanan informasi dan data sangat krusial. Selain itu, XL Axiata juga bisa mengembangkan solusi berbasis layanan keuangan, misalnya XL tunai, juga mengharuskan adanya jaminan keamanan informasi dan data secara ketat, sesuai yang disyaratkan regulator," pungkasnya. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id