Tujuh Hari XL Alami Kenaikan Trafik Layanan Data Hingga 15 Persen

Test-Video-Call-via-jaringan-4.5G-XL.jpg
(XL AXIATA)

RIAU ONLINE - Selama sepekan, mulai H-5 hingga H+2 Idul Fitri, terjadi kenaikan trafik layanan data dari pelanggan pengguna jasa operator seluler diberikan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata).

Dalam periode 20-27 Juni 2017 kenaikan trafik layanan data hingga 15 persen dibandingkan hari-hari biasa, serta meningkat 218 persen dibandingkan trafik di periode sama tahun lalu.

Kenaikan ini didorong terutama meningkatnya aktivitas akses ke layanan data oleh pelanggan dibandingkan hari-hari biasa, serta sebagai dampak positif dari perluasan layanan 4G LTE dan 3G U900 di berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: XL All Out Perbaiki Jaringan Demi Kenyamanan Pelanggan Saat Lebaran

Meski terjadi kenaikan trafik, jaringan XL Axiata sukses melayani pelanggan, tanpa hambatan berarti. Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya, mengatakan, hingga kini XL terus secara maksimal bersiaga menjaga performa jaringan guna melayani kebutuhan pelanggan selama libur Lebaran.

"Sampai kini hampir tidak ada gangguan berarti terjadi di jaringan kami untuk semua jenis layanan, baik data, SMS, juga voice, meski terjadi kenaikan trafik signifikan. Semua persiapan kami telah berjalan sesuai dengan rencana, termasuk mengenai penambahan kapasitas jaringan hingga 2 kali lipat.” tutur Yessie D Yosetya, Kamis, 29 Juni 2017, kepada RIAUONLINE.CO.ID, melalui keterangan persnya. 

Ia menjelaskan, layanan data kembali mendominasi kenaikan trafik, di mana pelanggan secara lebih aktif mengkases, terutama media sosial (medsos) berbagai platform.

Kenaikan trafik data di periode Lebaran juga terjadi sesuai dengan trend pemakaian layanan Data untuk berkomunikasi dan berkirim pesan, baik dalam format text, voice, video call, maupun multimedia.

"Karena itu tidak mengherankan jika kenaikan trafik data sangat dominan, menggantikan layanan-layanan telekomunikasi tradisional. Trafik Data selama periode H-5 hingga H+2 tercatat total lebih dari 4020 TB, meningkat dari rata-rata trafik data di hari-hari biasa sebesar 3.600 TB," ungkapnya. 

Akses ke sejumlah media sosial popular memang meningkat dibandingkan trafik akses pada hari biasa. Trafik akses ke Facebook tertinggi lebih dari dari 50 prsen, disusul Instagram di atas 20 persen, serta YouTube lebih dari 17 persen.

Klik Juga: Begini Cara Tingkatkan Kartu XL Lama Anda Jadi 4G

Kenaikan dipicu kebutuhan pelanggan untuk berbagi informasi dan pengalaman menjalani aktivitas seputar merayakan Lebaran. Sementara itu, kenaikan trafik juga terjadi pada akses ke layanan Google, seperti Google Map dan aplikasi penunjuk rute jalan dan kepadatan lalu lintas Waze hingga mencapai lebih dari 135 persen.

"Kenaikan akses pada dua layanan tersebut seiring dengan melonjaknya kebutuhan pelanggan atas informasi rute dan kondisi lalu lintas saat menuju kampung halaman dan lokasi-lokasi wisata di luar Jabodetabek," ujar Yessie. 

Dari penggunaan data tersebut, jelasnya, terdapat kecenderungan perilaku pelanggan sebelumnya banyak menggunakan layanan tradisional pesan singkat atau SMS. Kenaikan tinggi ini juga terdorong kebutuhan pelanggan menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri melalui media sosial. 

Hal sama juga terjadi pada akses ke layanan berbasis VoIP Call (WhatsApp Call, BBM, Facebook VoIP, Skype) hingga sekitar 9 persen, sebagai sarana baru untuk menggantikan layanan voice tradisional atau telepon biasa.

"Kualitas akses Data melalui jaringan 4G LTE terbukti telah meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan Data, termasuk konten Data berukuran besar seperti video/film dan foto-foto beresolusi tinggi," jelasnya.

Ia mengungkapkan, peningkatan trafik akses lainnya terjadi pada konten video, termasukdownload/upload sekitar 6 persen, serta akses video call (via BBM, Viber, LINE, WhatsApp, Facebook VoIP, Skype) meningkat sekitar 9 persen. Kenaikan trafik semua jenis layanan Data tersebut juga terdorong dampak positif perluasan jaringan 4G LTE di berbagai daerah di luar Jawa, baik di Sumatera, Kalimantan, serta Sulawesi.

Lihat Juga: Asyik, XL Promo Gratis Router Wi-Fi. Begini Cara Dapatkannya

"XL Axiata juga mencatat terjadinya pergerakan pelanggan di mana jumlah pelanggan di wilayah Jabodetabek menurun, sedangkan trafik di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur meningkat," tuturnya.

Kenyamanan pelanggan atas layanan XL Axiata di hari Lebaran juga tercermin dari menurunnya tingkat keluhan pelanggan yang masuk melalui customer service dibandingkan rata-rata keluhan masuk di hari biasa.

Penurunan yang terjadi cukup signifikan, mencapai sekitar 22 persen, bahkan juga lebih rendah dibandingkan keluhan masuk di hari Lebaran tahun sebelumnya, 3 persen lebih rendah.

"Tim XL Axiata akan terus bersiaga hingga kondisi normal kembali pasca Lebaran sekitar akhir pekan depan ketika warga Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya mulai kembali dari kampung halaman atau tempat mereka berlibur," pungkasnya. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline