Aktual, Independen dan Terpercaya


Gemar Wisata Air? Yuk ke Taman Wisata Alam Buluh Cina

Festival-Hammock-Kampar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, KAMPAR - Anda gemar wisata air dan berjiwa petualang? Tak ada salahnya menikmati donut rafting ala Taman Wisata Alam (TWA) Buluh Cina Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.

Wisata air yang digerakkan langsung oleh masyarakat dan didukung penuh oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau ini terletak di antara perkampungan warga Desa Buluh Cina.

"Donut rafting ini baru saja diresmikan oleh Kepala Dinas (Kadis) lingkungan hidup dan kehutanan (KLHK) Riau, Yulwiriati Moesa dan beberapa titik wisata lainnya disini," kata Kepala Desa Buluh Cina, M. Ralis, Minggu, 14 Mei 2017.

Baca Juga: Festival Hammock 2017 Perkenalkan Taman Wisata Alam

Cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 2000, Anda sudah bisa menyewa penyeberangan melalui jalur air yang dapat memutus derasnya sungai Kampar. Selanjutnya, Anda dapat berjalan sebentar untuk sampai di lokasi tujuan wisata air, donut rafting.

RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA

Sebelumnya, Anda dapat membawa pakaian ganti karena di sana penikmat wisata air akan diajak mengitari sungai Kampar menggunakan ban berukuran cukup besar dirangkai dengan enam ban lainnya lalu ditarik dengan kapal cepat bermotor dan sebuah life jacket untuk memastikan keselamatan.

TWA Buluh CIna1RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA

Namun bagi yang tak ingin basah-basahan, pengunjung bisa menikmati wisata air lainnya seperti perahu wisata Buluh Cina. Wisata air yang satu ini menggunakan kapal bermesin diesel yang kecepatannya tak sampai 2 knot dan berkapasitas puluhan orang yang siap mengantarkan pengunjung mengitari sungai Kampar.

Wisata Air Buluh CinaRIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA

Klik Juga: Legenda, Mitos dan Keunikan di Balik Danau Naga Sakti Kecamatan Pusako, Siak

Setelah puas mengitari sungai Kampar, tak ada salahnya Anda menghilangkan dahaga ditenggorokan dengan mencicipi buah kelapa segar yang letaknya persis di depan Danau Wisata Tanjung Putus.

Selain kelapa segar, terdapat pula jajanan kampung lainnya seperti kue kering dan basah serta makanan lainnya yang pasti membuat dahaga dan lapar hilang seketika.

Jangan sampai terlena, karena di lokasi itu juga terdapat
Danau yang tadi telah disebutkan, Tanjung Putus yang keberadaannya sudah sampai di telinga pelancong luar daerah.

Lihat Juga: Gulungan Ombak Bono Yang Bikin Rindu

"Biasanya kawasan ini dijadikan sebagai foto prewed karena alamnya. Nanti saja pada tanggal 18-21 Mei 2017 ini sudah ada pengunjung yang jauh-jauh dari Bali hanya untuk mengabadikan Danau Tanjung Putus ini," imbuhnya.

Meski keberadaannya tak cukup terkenal telinga masyarakat Riau, tetapi TWA Buluh Cina ini dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata alternatif lainnya yang tentunya berbasis alam.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline