6 ABK Terluka Dalam Insiden Terbakarnya Speedboat di Indragiri Hilir

speedboat.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Satu unit kapal cepat di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau terbakar. Akibatnya, enam anak buah kapal yang sedang menyiapkan armada angkutan laut tujuan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau itu mengalami luka bakar cukup parah.

Kepala Bidang Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, Rabu mengatakan insiden tersebut terjadi di pelabuhan sandar Pulau Kijang. Kapal nahas yang terbakar itu teridentifikasi dengan nama lambung Rizki Putra 01 GT. 12 No. 6625/PPn dengan rute reguler tujuan Kepulauan Riau.

"Insiden terjadi pada Selasa pagi kemarin. Enam ABK dilaporkan mengalami luka bakar," katanya.


Dia merincikan keenam korban tersebut adalah Abdul Rahman (29), Aditia (21), Alimudin (25), Husaini (25), Ilham (31) dan Yahya (41).

Sunarto menjelaskan insiden berawal pada Selasa pagi sekitar pukul 06.30 WIB, atau kapal yang menjadi angkutan andalan masyarakat pesisir Riau tersebut sedang bersiap untuk mengangkut penumpang.

Tiba-tiba, sejumlah orang melihat asap tebal yang berasal dari dalam dek penumpang. Seketika mereka melihat para ABK telah menyelamatkan diri dengan cara menceburkan tubuh mereka ke dalam sungai.

Para saksi pun berusaha membantu ABK yang mengalami luka cukup parah tersebut untuk dibawa ke rumah sakit terdekat.

Sunarto mengatakan pihaknya belum dapat memastikan penyebab kebakaran yang menimpa kapal kecil angkutan antar pulau itu.

"ABK masih dirawat intensif di Puskesmas sehingga belum dapat dimintai keterangan. Anggota Satreskrim kita tengah melakukan penyelidikan atas insiden itu," ujarnya. (**)