Aktual, Independen dan Terpercaya


LAMR Pastikan, Prosesi "Gelar Adat" Presiden Jokowi Tak Lebih dari 2 Jam

Pemberian-gelar-adat-untuk-Jokowi.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan untuk menerima gelar adat dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau pada Sabtu 15 Desember 2018 besok.

Ketua Majelis Kerapatan Adat LAM Riau, Raja Marjohan Yusuf memastikan, prosesi pemberian gelar adat kepada Presiden RI tersebut bakal dilaksanakan dengan singkat dan cepat.

Bahkan, ia menyebutkan pemberian gelar adat itu tidak akan memakan waktu lebih dari 120 menit alias dua jam.

"Kita memadatkannya. Prosesinya itu singkat-singkat saja. Tidak lama-lama. Diawali pagi sekitar pukul 08.30 atau pukul 9.00 WIB. Nanti jam 10.30 WIB sudah selesai," katanya, Jumat, 14 Desember 2018.

Jokowi akan menerima sebutan Datuk Seri Setia Amanah Negara. Proses penabalan dimulai di halaman depan LAM Riau.

"Nanti seperti biasa. Bapak Presiden kita sambut di pintu gerbang, diiringi dengan kompang sampai di depan balai adat," jelasnya.

Penyambutan tak hanya dilakukan menggunakan kompang. Jokowi juga disambut dengan seni beladiri silat yang biasa disebut dengan nama silat sambut.

"Setelah itu Presiden naik ke atas (masuk kedalam) diiringi salawat dan duduk. Baru kita mulai prosesi yang diawali pembilang dari protokol kemudian pembacaan warkah yang sebelumnya diawali dengan pemasangan tanjak, keris sama selempang sebagai simbol adat," jelasnya.

Jokowi juga akan diberikan kesempatan untuk berbicara melalui kata sambutannya," setelah memberikan kata sambutan ditutup dengan warkah kembali dan sebagai penutup ada doa," tandasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id