Aktual, Independen dan Terpercaya


Kotak Hitam Lion Air JT-106 Ditemukan, Tapi Butuh Seminggu untuk Dapat Hasilnya

Ilustrasi-black-box.jpg
(internet)

RIAUONLINE,JAKARTA - Tim Search And Rescue (SAR) Nasional berhasil menemukan black box atau kotak hitam pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610, yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin, 29 Oktober lalu.

Ketua Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono berterimakasih kepada Basarnas, TNI, Polri, BPPT, dan Pertamina.

Walau belum dipastikan kotak hitam yang ditemukan adalah FDR (Flight Data Recorder), namun Soerjanto yakin bahwa yang ditemukan adalah FDR.

"FDR ini untuk mengetahui kecepatan, ketinggian, arah yang ada di pesawat, jadi dengan adanya ini kita bisa menguak penyebab kecelakaan," ucapnya.

Dia menjelaskan, untuk mengunduh hasil penelitian FDR dibutuhkan waktu sekitar satu sampai dua minggu. "Kalau kita men-download mungkin diperlukan satu sampai dua minggu," tandas Soerjanto.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berterimakasih kepada seluruh stakeholder yang sudah bekerja menemukan kotak hitam Lion Air tersebut.

"Berterimakasih dan mengapresiasi tim dari Basarnas, TNI, Polri, BPPT, KNKT, Pertamina semua berkeja secara baik," kata Budi saat jumpa pers di Posko Basarnas Jakarta International Container Terminal (JICT) II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis 1 November 2018.

Budi berharap, kotak hitam yang merekam data penerbangan (Flight Data Recorder) Lion Air JT 610 itu bisa diteliti lebih jauh. Tim juga masih bekerja menemukan Cokpit Voice Recorder (CVR) yang berisi percakapan pilot dan menara bandara.

"Kita masih punya PR, Tentu pencarian jenazah tetap dijalankan dan pencarian black box tetap dilakukan," imbuhnya.

Tulisan ini sudah tayang di Liputan6.com dengan judul "KNKT Butuh Waktu Seminggu Unduh Hasil Penyelidikan Kotak Hitam Lion Air" 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id