Dampak Gempa Palu Lebih Parah dari Lombok

Gempa-Donggala-dan-Pau.jpg
(AFP)

RIAUONLINE, PALU - Dampak gempa bumi dan tsunami yang mendera Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) dirasakan lebih parah jika dibandingkan dengan gempa Lombok, NTB.

Hal ini diungkapkan Branch Manager ACT Sulsel, Syahrul Mubaraq dalam wawancara yang tayang di Net.tv, Sabtu 29 September 2018.

Ia memperkirakan, untuk wilayah Palu sendiri, sekitar 60 persen wilayahnya terdampak gempa.

"Saya lihat dampak gempa Palu lebih besar daripada Lombok. Hingga saat ini, masih banyak daerah terdampak yang belum terjangkau," ujarnya.

Saat ini ada empat daerah yang terdampak paling parah setelah gempa dan tsunami mengguncang Palu dan Donggala. Yakni Kabupaten Donggala, Kota palu, Kabupaten Parigi Moutong dan Mamuju Utara.


"Di empat daerah itu rencana pendirian posko BSMI," ujar Ketua Umum Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Djazuli Ambar dikutip dari Liputan6.com, Sabtu 29 September 2018.

Sementara, BSMI regional Sulawesi, Maluku, Papua (Sulampapua) memberangkatkan delapan orang tim rescue ke wilayah terdampak gempa bumi di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat.

Djazuli menjelaskan, tim terdiri dari empat orang rescue, dua dokter, satu teknik dan dua relawan media serta data. Sementara dari Jakarta, BSMI akan memberangkatkan satu orang dokter dan satu perawat beserta dengan bantuan logistik dan medis.

"Tim dari Jakarta akan berangkat bersama dengan TNI AU membawa logistik dan peralatan medis. Menurut informasi relawan BSMI Palu yang dibutuhkan segera tenaga medis yang cukup banyak dan pendirian rumah sakit lapangan," papar Djazuli di Jakarta.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id