Pasca Gempa Tsunami, Ratusan Satpol PP Kota Palu Hilang

Jembatan-Kuning-Palu.jpg
(SCTV)

RIAUONLINE, PALU - Ratusan anggota Satpol PP Kota Palu yang mengamankan Festival Pesona Palu Lomoni dikabarkan masih hilang, usai gempa dan tsunami melanda, Jumat 28 September 2018.

Hingga saat ini, seluruh anggota Satpol PP yang ada di lokasi festival belum diketahui kabar keberadaannya.

Dikutip dari inews.id, pengakuan belum ditemukannya ratusan anggota Satpol PP Kota Palu itu disampaikan saksi korban yang selamat dari terjangan tsunami bernama Adrian (35).

Ditemui di sekitar Balai Kota Palu, Adrian mengaku, dirinya bersama 250 anggota Satpol PP Kota Palu mengamankan lokasi acara pembukaan Festival Pesona Palu Lomoni.

Ratusan anggota Satpol PP itu berada di lokasi acara festival yang berlangsung di pinggir Pantai Anjungan Nusantara, Kota Palu, bersama anggota pengamanan lainnya yang berasal dari unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan.

Mereka melakukan apel pasukan untuk mengamankan festival tersebut, pada Jumat 28 September 2018, pukul 15.00 Wita.


"Tiba-tiba gempa pertama terjadi disusul kepanikan orang yang sebagian melarikan diri menjauh dari pantai," kata Adrian.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, hingga Sabtu pagi hingga 10.17 Wita, jenazah anggota Satpol-PP yang ditemukan baru empat orang, yang ada di kantor wali kota. Sementara ratusan lainnya belum diketahui nasibnya.

“Di pantai tersebut, yang hadir tidak hanya ratusan anggota Satpol PP, satuan pengamanan dari TNI, Polri, dan Dishub saja, namun ada seribuan warga yang berkumpul, termasuk pelajar yang akan ikut mengisi acara festival itu,” ucap Adrian.

Sedianya, Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Wali Kota Palu Hidayat akan membuka acara tersebut. Tetapi, para pejabat tersebut belum sampai di tempat acara.

Sementara itu, di Rumah Sakit Umum Budi Agung ada sejumlah pasien korban bencana yang belum tertangani oleh tim medis, termasuk kekurangan tabung oksigen dan infus. Terlihat pula korban bencana yang terluka parah merintih kesakitan. Tenaga dokter dan perawat juga kurang. Beberapa kerusakan parah bangunan juga terlihat di sudut kota.

Tulisan ini sudah tayang di inews.id dengan judul "Ratusan Satpol PP Kota Palu Dikabarkan Masih Hilang Usai Gempa"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id