Daerah Ini Diprediksi Dihantam Tsunami 57 Meter, BPBD: Masyarakat Tenang

Ilustrasi-Tsunami2.jpg
(OKEZONE.COM)

RIAU ONLINE - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang menanggapi kabar yang menyebutkan bahwa Pandeglang akan dihantam gelombang setinnggi 57 meter berpotensi Tsunami.

Prediksi itu pernah disampaikan Balai Pengkajian Dinamika Pantai Badan Pengkajian & Penerapan Teknologi (BPPT), namun sifatnya masih early warning atau peringatan dini.

Untuk itu, BPBD meminta masyarakat tetap tenang karena itu semua masih bersifat prediksi awal untuk keperluan antisipasi.

"Terkait dengan beredarnya informasi di media sosial tentang akan terjadinya tsunami setinggi 57 meter di Kabupaten Pandeglang, maka kami mengimbau agar masyarakat tetap tenang," imbau BPBD melalui akun twitter resminya @pandeglang_BPBD, melansir Okezone.com, Rabu, 4 April 2018.

Pihak BPBD Pandeglang juga mengatakan telah memasang alat sistem peringatan dini tsunami atau tsunami early warning system di sepanjang pantai Pandeglang.

"Masyarakat selalu mengingat titik kumpul dan jalur/rambu evakuasi yang telah disiapkan," lanjut BPBD Pandeglang tersebut.


Selain itu, BPBD Pandeglang telah merilis prakiraan cuaca di wilayah Pandeglang dan sekitarnya. Cuaca di wilayah tersebut diprediksi masih normal pada 3-4 April ini, pagi hari akan diguyur hujan ringan dan berlanjut hingga siang dan sore hari, sedangkan pada malam hari diprediksi cerah berawan.

Begitu juga cuaca di wilayah Carita, Labuan, Panimbang, Tanjunglesung, Sumur dan Ujungkulon, pagi hari diprediksi hujan ringan, siang hingga sore hujan lokal dan cerah berawan pada malam hari.

Sementara itu, wilayah Binuangeun akan berawan pada pagi hari dan hujan lokal di siang sampai sore hari, dan kembali berawan pada malam hari. Masing-masing daerah memiliki kelembaban udara berkisar 55 hingga 95 persen dan suhu berkisar di 23-33 derajat celcius.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id