Kagama Gowes Kenalkan Cagar Budaya di Kota Pekanbaru

Komunitas-gowes.jpg
(Istimewa)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Puluhan anggota Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) di Kota Pekanbaru melakukan gowes, Sabtu, 28 Mei 2022. Gowes kali ini digelar serentak karena seiring peluncuran Kagama Gowes Nusantara.

Kegiatan ini istimewa, karena pertama digelar pasca pandemi Covid-19. Mereka menyusuri sejumlah ruas jalan dengan memulai gowes dari Rumah Singgah Tuan Kadi, Senapelan lantas menyusuri Pasar Bawah, Pekanbaru.

"Total kita menempuh rute dalam gowes kali ini sepanjang sepuluh kilometer," papar Ketua Kagama Pekanbaru, Muhammad Suhandi usai kegiatan.

Ia menyebut, kegiatan ini diinisiasi oleh Kagama Gowes Nusantara. Kegiatan digelar seiring peluncurannya yang berlangsung secara nasional pada Sabtu kemarin.

Dirinya menilai ajang gowes kali ini tidak cuma olahraga, tapi wisata cagar budaya di Kota Pekanbaru. Penyelenggara pun memilih areal kota lama Pekanbaru sebagai rute awal dan akhir.


"Jadi kita berupaya memperkenalkan obyek wisata di kota kita. Apalagi kegiatan ini juga serentak di seluruh Indonesia," paparnya.

Kegiatan ini juga bentuk kebersamaan para anggota Kagama Pekanbaru. Mereka menikmati suasana di kawasan Rumah Singgah Tuan Kadi sebagai satu ikon wisata Kota Pekanbaru.

Para peserta juga melintasi Jalan Ahmad Yani, Pasar Limapuluh, Masjid An Nur, Jalan Diponegoro dan Jalan Gajahmada. Kemudian lanjut ke Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Ratulangi, Jalan Ahmad Yani, Jalan Senapelan, Masjid Raya Pekanbaru.

Para peserta gowes tidak hanya dari Kagama Pekanbaru. Ada juga dari IKAALL HUBDAT PEKANBARU, komunitas JKC, PAMOR, IKB-Jateng dan Komunitas Dishub RFB.