Aktual, Independen dan Terpercaya


Kiat Sukses Meraih Beasiswa LPDP

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Siapa saja bisa melanjutkan kuliah ke jenjang pasca sarjana walaupun tidak memiliki biaya. Caranya dengan mengajukan permohonan beasiswa ke lembaga-lembaga pemberi beasiswa yang ada di Indonesia atau di mancanegara.

 

Khusus beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), ada tips sukses untuk bisa lolos dalam seleksi perolehan beasiswa. Tips ini diberikan oleh penerima beasiswa S2 di Belanda asal Pekanbaru, Mustarakh Gelfi kepada RIAUONLINE.CO.ID, sebelum ia berangkat ke Belanda.

 

Menurut Tara, demikian ia biasa disapa, jumlah beasiswa LPDP relatif besar dibandingkan dengan beasiswa lainnya untuk program master dan doktor, baik di dalam maupun luar negeri. Universitas yang masuk ke dalam list LPDP adalah universitas dengan peringkat 200 besar di dunia. LPDP menanggung biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa selama masa studinya.


Sebelum mengajukan permohonan, penerima beasiswa, harus kembali dan mengabdi untuk Indonesia bila telah menyelesaikan studinya. Ada tahapan seleksi yang harus dilalui dalam rentang waktu tiga bulan, yaitu seleksi administrasi, wawancara serta Leader Group Discussion (LGD). Dan pendaftaran beasiswa ini dibuka empat kali dalam setahun.

 

Berikut tips meraih beasiswa LPDP:

 

1. Harus tahu semangat LPDP itu seperti apa. LPDP sekarang yang sudah menjadi institusi ini, memiliki semangat membangun negara. Ini penting diketahui untuk menjalani proses wawancara.

 

2. Penerima beasiswa harus mau ‘diarahkan’ oleh LPDP untuk negara.

 

3. Upayakan agar kita diterima dulu di kampus tujuan karena akan memperbesar peluang untuk lolos. LPDP mempunyai alasan untuk membiayai kita.

 

4. Untuk beasiswa ke luar negeri, sayaratnya penguasaan bahasa asing. Kelancaran bahasa penting, karena pemohon harus membuat makalah untuk rencana tesis.

 

5. Mendapat rekomendasi dari profesor di kampus asal.

 

6. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.

 

7. Pengalaman organisasi juga sangat mendukung dalam proses seleksi ini. Calon penerima beasiswa akan diminta untuk membuat essay tentang pengabdian mereka untuk Indonesia.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline