Aktual, Independen dan Terpercaya


Kanker Prostat yang Diidap Rudy Wowor, Paling Sering Menyerang Laki-laki

sakit-perut.jpg
INTERNET
Ilustrasi

RIAUONLINE, JAKARTA - Rudy Wowor, aktor senior di tanah air menghembuskan nafas terakhir pada Jumat, 5 Oktober 2018 lalu.

Pria keturunan Belanda itu meninggal dunia dalam usia 74 tahun, setelah sempat dirawat di salah satu rumah sakit di Jakarta karena penyakit kanker prostat yang diidapnya.

Perlu diketahui kanker prostat merupakan salah satu kanker paling umum yang diderita lelaki, dengan sebagian besar kasus terjadi di usia 40 tahun ke atas. Setiap tahun, jutaan lelaki di dunia didiagnosis kanker prostat.

Badan Kesehatan Dunia (WHO), menekankan bahwa kanker prostat adalah kasus kanker paling umum urutan kedua yang menimpa kaum lelaki. Diperkirakan, sekitar 1,1 juta lelaki di seluruh dunia didiagnosis kanker prostat dan terdapat 307 ribu kasus kematian pada 2012.

Sedangkan di Indonesia sendiri, pada 2012 terdapat sekitar 13.600 kasus dengan angka kematian hingga 9.191 kasus penderita kanker prostat.

Dikutip Independent, Kanker prostat adalah pertumbuhan sel-sel secara tidak terkendali dalam kelenjar prostat. Prostat adalah kelenjar kecil di panggul lelaki yang merupakan bagian dari sistem reproduksi.

Prostat berada di bawah kandung kemih di depan rektum, tetapi umumnya, kanker prostat tumbuh secara perlahan dan tidak menyebar.

Sebuah studi 2015 menjelaskan peneliti memecahkan kode penyakit kanker prostat. Mereka mengidentifikasi mutasi genetik yang dikaitkan dengan penyebaran kanker prostat ke seluruh tubuh.

Temuan itu memprediksi, pasien kanker prostat berpotensi dapat diobati. Penelitian ini pastinya memperpanjang hidup ribuan orang dengan penyakit kanker prostat .

"Penemuan ini akan sangat mengubah cara kita berurusan dengan penyakit mematikan ini. Seolah-olah kita mengambil prisma cahaya putih pada kanker prostat stadium lanjut untuk menghasilkan warna pelangi," kata Johann de Bono, ketua dari penelitian kesehatan internasional kala itu.

Tulisan ini sudah tayang di Suara.com dengan judul "Kenali Bahaya Kanker Prostat, Penyakit yang Diderita Rudy Wowor"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id