Bos Bukalapak Ini Berbagi Tips Sukses Jadi Pengusaha

Pndiri-Bukalapak.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pendiri salah satu pasar online terbesar di Indonesia, Bukalapak, Achmad Zaky berbagi tips untuk pemula yang masih ragu dalam memulai usaha di tengah persaingan kerja yang semakin tinggi, khususnya bagi anak muda.

Menurutnya, menciptakan lapangan kerja baru adalah pintu terbaik. Sebab, saat ini Indonesia tengah menikmati bonus demografi, dimana negara lain malah kekurangan sumber daya manusia dari anak muda.

"Saat ini kita tengah mengalami bonus demografi. Sehingga generasi muda harus perlu untuk melek peluang usaha yang dapat diciptakan. Sehingga kita tidak perlu bergantung pada lapangan pekerjaan yang ada," katanya di Yogyakarta, Kamis, 1 Maret 2018.

Tambahnya, anak muda Indonesia butuh lebih banyak wirausahawan untuk terus mengembangkan industri di Indonesia dan akhirnya dapat menciptakan lapangan kerja. Apalagi, selama ini industri justru tak memberikan peluang besar kepada anak muda yang baru lulus dari universitas karena keterbatasan yang mereka miliki.

Sebab itu, Achmad Zaky mengajak generasi muda untuk berwirausaha dengan berbagi kiat-kiat menuju kesuksesan. Salah satunya, lanjutnya, anak muda harus lebih adaptif terhadap perkembangan yang terjadi baik di dalam negeri maupun secara global.

"Sehingga peluang usaha yang kita ciptakan dapat lebih kreatif dan menjawab kebutuhan masyarakat. Seperti banyaknya perusahaan startup atau rintisan yang berbasis teknologi di Indonesia. Dalam membangun startup kita harus memikirkan dampak positif yang dapat diberikan kepada masyarakat, bukan sekedar uang atau keuntungan semata," imbuhnya.

Berdasarkan pengalamannya, Achmad Zaky selalu melakukan sensitivitas terhadap problem sekitar sebagai tanggung jawab sosial serta keteguhan sikap untuk mengubahnya.

"Dari situ saya berlatih mengatasi tantangan guna menghadirkan solusi yang impact ful bagi seluruh kalangan masyarakat," jelasnya.

"Karyawan juga. Mereka harus diberikan perhatian khusus agar mereka bisa berinovasi bagi perusahaan. Karyawan yang baik tidak hanya memiliki skill, namun juga harus memiliki sikap dan etika kerja yang baik. Di Bukalapak kami memberikan fasilitas yang sangat baik dan kenyamanan untuk karyawan kami, seperti makan pagi, siang, dan malam gratis, ruang menyusui, fasilitas gym, ruang santai, Bukalapak sangat menghargai peran dan kontribusi karyawan di dalam perusahaan," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id