Biar Ketularan Pintar, Simak 6 Tips Belajar Ala Maudy Ayunda

Maudy-Ayunda2.jpg
((Tangkapan Layar Instagram @maudyayunda))

RIAU ONLNE, PEKANBARU-Siapa yang tidak mengenal sosok Maudy Ayunda? Tidak hanya cantik, jago menyanyi, dan pandai berakting, wanita kelahiran 19 Desember 1994 ini dikenal juga sebagai wanita yang pintar. Hal ini terbukti saat ia berhasil menyelesaikan S1-nya di Universitas Oxford Inggris dengan Jurusan Philosophy, Politics, and Economics.

Tidak hanya itu, wanita yang biasa disapa Maudy, ditahun 2021 ini berhasil menyelesaikan S2-nya di Universitas Stanford Amerika Serikat. Saat ini ia bergelar Ayunda Faza Maudya BA, MA, MBA.

Sebagai generasi muda, tentu penasaran bagaimana cara belajar seorang Maudy Ayunda, apalagi sebentar lagi memasuki tahun ajaran baru 2021-2022. Berikut 6 tips belajar ala Maudy Ayunda yang berhasil dihimpun riauonline.co.id.

1. Bersahabat dengan buku

Maudy Ayunda adalah sosok yang sangat menyukai buku, baik itu buku pelajaran ataupun buku fiksi. Sejak kecil, ia sudah dibiasakan kedua orang tuanya untuk membaca buku. Kebiasaan inilah yang membentuknya hingga saat ini. menurut Maudy, orang menjadi pintar karna wawasannya luas.

 Wawasan yang luas bisa didapatkan salah satunya dari buku. Semua yang ada di semesta bisa diketahui lewat buku. Intinya, buku membantu menjadi manusia yang berilmu dan bermartabat.

 

2.  Ikut kuliah umum/seminar

Mendapatkan ilmu tidak hanya dengan berdiam diri duduk dibangku sekolah atau kuliah. Ilmu juga bisa didapatkan dari kuliah umum atau seminar-seminar. Kuliah umum atau seminar memberikan referensi tambahan yang ilmunya tidak bisa didapetin hanya dari ruang kelas.


3.  Mempelajari kembali hal yang belum dimengerti.

Type belajar seorang Maudy Ayunda adalah fokus pada kelemahan bidang atau materi yang tidak ia kuasai. Maudy sering kali menggunakan teknik speed reading atau membaca cepat untuk screening konten dari bahan bacaannya. Apabila ada yang belum dimengerti akan ditandai, lalu dipelajari ulang agar dia paham.

Misalnya, ia tidak paham pelajaran matematika bagian yang A, maka ia akan fokus pada bagian A itu hingga mengerti.

4.  Membuat catatan

Membuat catatan tentu saja penting dalam belajar. Bukan mencatat dari setiap kata yang keluar dari dosen atau guru, cukup mencatat pada poin yang sangat penting yang tidak ada dibuku referensi.

Catat hall yang penting atau intinya saja. Dengan mencatat bisa memudahkan jika sewaktu-waktu akan digunakan kembali atau lupa dengan materi tersebut.

 

 

5. Manajemen waktu yang baik

Maudy Ayunda tidak selalu melulu belajar, ia memiliki manajemen waktu yang baik. Maudy tau kapan ia harus belajar, kapan ia harus istirahat, kapan ia harus melaksanakan hobby.

Belajar akan sangat membosankan apabila dalam menjalankannya masih kaku. Menurut Maudy, saat belajar, harus tahu kapan waktunya berhenti dan kapan memulainya kembali.

6.   Lebih suka belajar sendiri

Type belajar seorang Maudy Ayunda adalah, ia lebih fokus saat belajar sendiri. Ini optional karena type belajar seseorang berbeda-beda, ada yang lebih nyamannya ikut les dan belajar bersama atau belajar kelompok, tapi ada juga type yang lebih sukanya belajar sendiri kaya Maudy Ayunda

Itulah 6 tips belajar ala Maudy Ayunda. Bisa diikuti jika nyaman dan sesuai pola belajar masing-masing.