TNI Kodim 0322/Siak Bersihkan Makam Pahlawan Datuk Kampar Siak

TNI-Siak-besihkan-makam-pahlawan.jpg
(dok. Kodim0322/Siak)

RIAU ONLINE, SIAK - TNI Komando Distrik Militer (Kodim) 0332/Siak, melaksanakan kegiatan karya bakti, membersihkan makam pahlawan Datuk Kampar, di Kampung Adat Kampung Tengah, Kecamatan Mempura, Siak. 

Karya bakti tersebut merupakan rangkaian kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-119 Kodim 0322/Siak.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Dandim 0322/Siak, dihadiri 100 orang diantaranya, 50 orang TNI, 4 orang polri, 10 orang dinas pasar dan 30 masyarakat. 

"Disela kesibukan tugas TMMD ke-119, tim satgas TMMD Kodim 0322/Siak bersama masyarakat dan perangkat kampung tengah. Melaksanakan giat karya bakti pembersihan komplek makam Datuk Kampar, yang merupakan situs sejarah yang berada kabupaten Siak," ucap Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0322/Siak, Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho M.Han, Rabu 28 Februari 2024.


Lanjutnya, tujuannya agar tercipta lingkungan bersih dan asri. Sehingga masyarakat dan pengunjung yang akan melaksanakan ziarah makam merasa nyaman dan terhindar dari serangan serangga.

"Sebab lingkungan yang bersih dapat memberi pengaruh positif serta dampak yang baik bagi masyarakat sekitarnya," Katanya. 

Selain itu, juga terciptanya hubungan harmonis antara warga dan satgas TMMD. Sehingga memantapkan kemanunggalan TNI dan masyarakat 

"hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan atau beban moral untuk membersihkan makam para leluhur leluhur kita," Tutupnya. 

Rangkaian kegiatan karya bakti tersebut diantaranya, pengecatan makam Datuk Kampar, pemotongan rumput, pembersihan makam dan sekitar lingkungan Makam Datuk Kampar.