Identitas dan Kronologi Ditemukannya Mayat Pria di Sawah Siak

Penemuan-mayat16.jpg
(Riau online/Hendra Dedafta)

RIAU ONLINE, SIAK - Warga Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, dihebohkan dengan sesosok mayat pria yang ditemukan di sawah, Rabu, 17 Januari 2024, sekira pukul 14.30 WIB

Belakangan terungkap, mayat tersebut merupakan Riswandi, pria berusia 55 tahun, kelahiran Banyumas. Korban merupakan warga Kampung Bungaraya, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak.

Korban pertama kali ditemukan oleh warga bernama Untung. Untung yang hendak mencari rumput di jalan Persawahan Sigaran Jiwa, Kampung Jayapura, Bungaraya, dikejutkan dengan sesosok mayat di perjalanan. 

Untung yang tengah menuju sawah, melihat seorang pria dalam kondisi telungkup di samping pohon pisang. Tak berselang lama, Untung memanggil warga lainnya, Ari Yuniarko, yang juga hendak ke sawah untuk melihat mayat tersebut. 

Setelah diperiksa, mayat tersebut adalah Riswandi. Ari lantas menghubungi anak korban, Wasirun. 


Mayat korban kemudian dibawa ke Puskesmas Kecamatan Bungaraya untuk dilakukan visum. Menurut hasil visum, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan dari benda tumpul maupun benda tajam di tubuh korban.

Dokter menyebut korban meninggal dunia secara normal atau wajar. Korban meninggal dunia diduga karena sakit.

Pernyataan dokter juga diperkuat dengan keterangan dari keluarga korban. Menurut pihak keluarga, korban memang memiliki riwayat penyakit maag dan selalu mengeluhkan sakit di bagian perut.

Sebelum ditemukan tak bernyawa, keluarga menyebut korban tengah mencari ikan di parit seputaran TKP.

Meski begitu, keluarga menolak untuk dilakukan otopsi dan menerima korban dengan membuat surat pernyataan.

Dari hasil olah TKP, korban ditemukan meninggal dunia dalam posisi tertelungkup. Di TKP ditemukan satu unit sepeda dan bungkusan berisi air minum milik korban. Kemudian peralatan perangkap ikan dan sepatu milik korban dengan jarak sekitar 35 meter dari lokasi korban ditemukan.