Rangkaian Kegiatan SMPN 4 Bungaraya Siak Ciptakan Gugus Depan Ramah Lingkungan

Kegiatan-pramuka-smp-di-siak.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Guna menciptakan gugus depan ramah lingkungan, Gugus Depan 07.045-07.046 Pangkalan SMP Negeri 4 Bungaraya, Kabupaten Siak, melakukan serangkaian kegiatan.

Dijelaskan guru pembina, Aulawi Gunawati, untuk menuju gugus depan ramah lingkungan Gudep SMP Negeri 4 Bungaraya melaksanakan kegiatan di antaranya pemilahan sampah organik anorganik dan B3, pembuatan lubang resapan biopori, penanaman pohon, gotong royong, gerakan mencuci tangan serta pemanfaatan lahan sekolah untuk penanaman padi.

"Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya pencegahan bencana alam, pemulihan kerusakan sumber daya alam, keseimbangan ekosistem serta pelestarian lingkungan," terang Aulawi.

Sedangkan pengelolaan sampah juga dilakukan dengan tujuan agar sampah tidak berserakan dan tidak terurai, justru dapat dijadikan barang berharga dan bernilai guna serta tidak membahayakan kelangsungan hidup makhluk hidup. 


Kepala SMPN 4 Bungaraya, Winarni, mengatakan dirinya sangat mendukung kegiatan ini, selain menciptakan gugus depan ramah lingkungan, semoga bisa membentuk pribadi anak yang baik, bersih dan peduli lingkungan.

"Harapan kami tentunya kegiatan seperti ini melekat pada diri anak didik kita, tidak hanya diterapkan di sekolah saja, di rumah bahkan di kehidupan selanjutnya," harap Kepsek Winarni.

Selain itu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia yang termuat dalam dasa darma perlu diamalkan, tidak cukup dihafalkan saja.

Dasa darma merupakan 10 moral anggota pramuka, begitu juga dengan tri satya, ada kewajiban yang tertulis di dalam tri satya yang perlu diaplikasikan dalam kehidupan.

"Satyaku ku darmakan, darmaku ku baktikan," tutup kepsek Winarni.