Petani Sabak Auh Siak Keluhkan Air hingga Listrik ke Gubernur Riau

Syamsuar768.jpg
(Dok. Diskominfotik Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, menampung keluhan warga Kampung Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, terkait ketersediaan air dan listrik.

Keluhan itu disampaikan usai orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning melangsungkan panen raya padi, Senin, 26 Juni 2023.

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mekar Jaya Sabak Auh, Kademo, mengaku kesulitan mendapatkan air, terutama di musim kemarau.

"Tiga huruf yang kami maksud pak gubernur yakni air. Kami kesulitan mendapat air apalagi di musim kemarau," terangnya.

Kademo mengatakan petani di Sabak Auh sehari-hari mendapatkan air dengan diesel berbahan bakar solar yang sulit diperoleh


"Cost-nya banyak. Kami meminta dialiri PLN. Kami bersama Kepala Desa dan Camat telah mengusulkan untuk aliran listrik di daerah sini," pintanya.

Menanggapi hal tersebut, pimpinan Riau itu pun menghubungi Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau, Eva Refita, agar segera menghubungi PLN menyelesaikan masalah ketersediaan listrik di Kampung Sungai Tengah. 

"Tadi saya sudah perintahkan Kadis saya bu Eva, untuk berkoordinasi dengan PLN, saya kalau untuk petani merasa betul dan cepat saya tanggapi," katanya.

Syamsuar meyakinkan masyarakat bahwa masalah air dan listrik yang saat dihadapi masyarakat akan segera diatasi. Apalagi, PLN tahun 2023 berkomitmen untuk memastikan listrik dapat menjangkau dusun-dusun.

"Air di sini kan dari Sungai Siak, jadi kalau nanti ada listrik, akan lebih mudah," lanjut Bupati Siak dua periode ini.

Panen raya padi di Kampung Sungai, Kecamatan Sabak Auh, tampak dihadiri Ketua PKK Provinsi Riau Hj. Misnarni Syamsuar, Wakil Bupati Siak Husni Mirza dan Ketua DPRD Siak Indra Gunawan.