Turun Drastis, Hotspot Sumatera Sore Ini Sisa 4 Titik

Karhutla12.jpg
(Dok BPBD Pelalawan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Setelah beberapa hari belakangan hotspot di Sumatera sempat meningkat, sore ini titik panas di sumatera  terpantau mengalami penurunan yang cukup drastis. 

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kota Pekanbaru, total titik panas (hotspot) wilayah Sumatera hanya mencapai 4 titik. 

"Tersebar di Jambi dan Bangka Belitung masing-masing 1 titik," ujar Prakirawan BMKG Pekanbaru, Bella RA, Sabtu 23 Maret 2024. 

Bela menyebut, bahkan di Provinsi Riau dari semula 99 titik, kini hanya tersisa 2 titik. 


"Yakni di Pelalawan 1 titik dan Kepulauan Meranti 1 titik," imbuhnya. 

Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal turut menaruh perhatian khusus untuk perkara Karhutla. Terlebih dengan ditetapkannya status siaga darurat karhutla di Provinsi Riau sejak 13 Maret lalu.

Ia telah memerintahkan anak buahnya untuk berpartisipasi secara rutin di lahan-lahan yang berpotensi terjadinya kebakaran. 

"Jangan kasih kendor bagi pelaku-pelaku pembakaran lahan, baik perorangan maupun perusahaan. Saya ingatkan kepada anggota, jangan sampai ada kebakaran lahan, maksimalkan patroli di seluruh penjuru," perintah Irjen Iqbal.

Ia tak ingin ada titik api yang menyebar di Riau, apalagi sampai menimbulkan dampak kabut asap. Ia juga menegaskan agar pihak perusahaan membantu aparat dan pemerintahan untuk menjaga lahannya dari kebakaran lahan