Berhadiah Umrah, Kapolda Saksikan Exhibition Foto Cooling System Pemilu Damai 2024

Irjen-Mohammad-Iqbal99.jpg
(Riau Online/Defri Candra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kapolda Riau, Inspektur Jenderal Mohammad Iqbal bersama istri Ny Nindya Iqbal terlihat kompak dan mesra menyaksikan Exhibition Foto Cooling System Pemilu Damai 2024 di Mall Living World, Selasa, 5 Maret 2024.

Terlihat Irjen Iqbal dan Ny Nindya fokus menyaksikan hasil karya foto jurnalistik dari Seluruh awak media di Provinsi Riau.

Exhibition Photo Cooling System Pemilu Damai 2024 merupakan inisiatif Polda Riau dalam mewujudkan Pemilu Damai dengan mengadakan berbagai lomba karya jurnalistik dalam bentuk, Foto, Video dan Feature.

"Hasil karya fotonya bagus-bagus, menceritakan bagaimana peran polisi dalam mewujudkan pemilu damai," ujar Ny Nindya Iqbal kepada RIAUONLINE.CO.ID.

Di tempat yang sama, Irjen Iqbal mengatakan kalau Exhibition Photo ini akan dipameranoan selama beberapa hari ke depan jelang pengumuman siapa pemen6daei hasil Lomba Karya Jurnalistik tersebut.

"Pengumuman pemenang akan kita sampaikan pada hari Sabtu, 9 Maret 2024. Baik itu Lomba Foto, Video/TV, dan Karya Tulis Jurnalistik (Feature)," pungkasnya.


Diketahui, Polda Riau menginisiasi Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) jelang Pemilu 2024. Lomba yang diperuntukkan bagi jurnalis ini untuk mewujudkan Pemilu damai, aman, dan sejuk.

Irjen Pol Mohammad Iqbal ingin membombardir para media dengan pemberitaan cooling system dan mengisi konten, serta edukasi positif tentang pemilu 2024.

"Pertama mungkin di Indonesia, Polda Riau menginisiasi LKJ, baik karya tulis jurnalistik, fotografi dan video untuk menciptakan suasana pemilu yang aman, damai dan sejuk," ujar Irjen Iqbal saat membuka LKJ di Ruang Tribrata Mapolda Riau, Rabu, 15 November 2023 lalu.

Irjen Iqbal mengatakan Polda Riau bukan hanya menjaga kamtibmas, tapi turut berperan dalam mengedukasi masyarakat lewat media cetak maupun elektronik untuk menciptakan pemilu yang sejuk.

Irjen Iqbal berharap, insan media mampu mengedukasi masyarakat lewat tulisan-tulisan yang selaras dengan foto dan video.

"Jika 10 berita saja mengajak dan membuat berita lalu disebarkan dengan foto bagus dan menginspirasi, maka itu akan menarik. Jika satu berita dibaca oleh 1.000 orang dan dikalikan 10, akan ada 1 juta masyarakat yang tereduksi," sebutnya.

"Itulah yang kita inginkan, mampu menyatukan perbedaan dan memberikan pemberitaan yang sejuk dan damai. Untuk hadiah utama ada Umroh ke tanah suci," tutup Iqbal.