Polda Riau dan Forkopimda Deklarasi Pemilih Muda Cerdas Menuju Pemilu Damai 2024

pemilih-muda-cerdas.jpg
(Riau Online/Defri Candra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ribuan Siswa-Siswi SMA, SMK dan MA se-Provinsi mengikuti Deklarasi Pemilih Muda Cerdas Menuju Pemilu Damai 2024 di Hotel Labersa, Selasa, 6 Februari 2024.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Polda Riau bersama KPU, Bawaslu dan Forkopimda Provinsi Riau.

Deklarasi ini menegaskan peran penting generasi muda dalam menentukan masa depan bangsa. 

Generasi Z merupakan pemilih terbesar kedua pada Pemilu 2024,l setelah generasi milenial. Generasi Muda ini diharapkan dapat menggunakan hak pilihnya dengan cerdas dan bertanggung jawab.

Dalam deklarasi ini, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan generasi muda adalah generasi pemula atau awal dalam mengikuti Kontestasi Pemilu 2024.

Polda Riau memang sengaja mengajak Siswa-siswi SMA kelas 12 atau kelas 3, karena siswa tersebut sudah dapat mengikuti Pemilu 2024 yang akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan.

"Banyak anak-anak muda Gen Z yang potensial. Mereka juga pemilih nomor dua terbanyak setelah Generasi Milenial. Sehingga suara mereka dapat menentukan arah masa depan untuk lebih baik," ujar Irjen Iqbal.

Selain itu, Mantan Kadiv Humas Mabes Polri tersebut mengatakan sebanyak 70 persen populasi di Indonesia menggunakan internet, atas hal itu anak-anak muda Generasi Muda diminta bijak menggunakan media sosial.


"Mari bijak menggunakan media sosial, jangan mudah terprovokasi berita hoax dan belum tentu kebenarannya. Cek dan ricek kembali," jelas Jendral bintang dua itu.

Dikumpulkannya ribuan Siswa-siswi se-Provinsi Riau ini bukan hanya sekedar kumpul begitu saja, tapi mengajak anak-anak generasi muda cerdas dalam bertindak dan cerdas dalam menentukan pilihan tanpa politik uang.

"Jauhkan diri dari hal-hal yang tidak produktif, mari gunakan hak pilih dengan datang ke TPS tanggal 14 Februari nanti."

"Puncaknya nanti kita berkomitmen menciptakan Pemilu yang aman dan Damai 2024 menuju indonesia emas 2045," pungkasnya.

Di tempat yang sama, Direktur Reskrimsus Polda Riau Kombes Nasriadi memberikan edukasi kepada generasi muda tentang pentingnya pemilu damai. 

Nasriadi menyampaikan pengetahuan tentang pemilu, seperti sistem pemilu, peserta pemilu, dan cara memilih dengan benar.

"Kita juga mengajak generasi muda untuk mencegah hoax dan ujaran kebencian yang dapat memecah belah persatuan bangsa dan mengganggu jalannya pemilu yang damai," jelasnya.

Polda Riau mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya generasi muda, untuk menjaga Kamtibmas menjelang dan selama Pemilu 2024. 

Masyarakat diharapkan untuk Tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi oleh berita bohong atau isu-isu yang dapat mengganggu keamanan.

"Kemudian menyaring informasi sebelum menyebarkannya di media sosial serta melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan potensi gangguan Kamtibmas," ucapnya.

Deklarasi ini mengajak generasi muda untuk tidak menyebarkan hoax dan ujaran kebencian di media sosial, melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan konten hoax dan ujaran kebencian.