Kapal Mini Tengker Minyak Pertamina Tabrak Jembatan Kaca Skywalk Siak

Skywalk-Tengku-Buwang-Asmara.jpg
(Riau online/Hendra Dedafta)

RIAU ONLINE, SIAK-Tiang penyangga pada jembatan kaca Skywalk Tengku Buwang Asmara di Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Riau patah ditabrak mini tengker pengangkut minyak SPOB Wijaya Kusuma Samarinda PT Pertamina.

Peristiwa terjadu sekitar pukul 20.00 WIB, Jumat 12 Januari 2024. Tiang tersebut patah di bagian bawah dan kondisinya miring. 

"Ya benar, usai kejadian itu langsung kita laporkan ke Polres Siak dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pekanbaru," ucap Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga PU Tarukim Siak, Arief Adhitya. 

Ia mengatakan, tiang penyangga jembatan kaca Skywalk yang di tabrak tahap II. Masih proses pengerjaan dan belum dibuka untuk umum, posisinya di dekat Tangsi Belanda. 


Usai kejadian itu kapal tetap melanjutkan perjalanan. Namun, personel Polairud Polres Siak sudah berkoordinasi dengan kapten kapal untuk meminta kejelasan dan pertanggungjawaban atas kelalaian itu. 

"Informasinya Polairud sudah di kapal itu, jadi memang kapal itu bukan bermaksud kabur, tetapi alasannya mereka tetap lanjut karena harus ontime mengantar minyak. Kami juga sudah koordinasi dengan KSOP karena izin dan surat jalan dari kapal terdaftar KSOP Pekanbaru. Ya mereka intinya siap bertanggung jawab," jelas Arief.

Untuk sementara, lanjut Arief, tindakan antisipasi awal tiang tersebut akan disangga dengan crane atau derek jangkung. 

Arief juga mengatakan akibat tabrakan itu, diketahui hanya tiang yang patah dan tidak terlalu berdampak pada konstruksi lain. 

"Itu tiang saja, untuk lantai kaca di atasnya tidak mengalami keretakan atau pecah. Dan lagipula masih terbilang kokoh karena tiang penyangga yang lain masih menopang," ungkapnya.