Kualitas Udara Membaik, Disdik Riau Minta Pelajar Kembali Masuk Sekolah

Siswa-sd-di-peknbaru-masih-sekolah.jpg
(ANGGI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau kembali mengeluarkan surat edaran tentang penyesuaian proses belajar mengajar (PBM) pada masa kabut asap, tertanggal 6 Oktober 2023.

Surat edaran ini berisi tentang kebijakan yang perlu diambil oleh kepala SMA/SMK dan SLB negeri dan swasta dalam menerapkan sistem belajar sekolah di tengah persoalan kabut asap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Indonesia.

"Apabila ISPU atau indeks kategori pencemaran udara sudah membaik, maka proses belajar mengajar kembali dilaksanakan secara tatap muka di sekolah," ujar Kepala Disdik Riau, Kamsol, Selasa 10 Oktober 2023.

 

Dalam proses belajar mengajar yang kembali dilakukan secara tatap muka, tenaga pendidik serta siswa dan siswi harus menggunakan masker saat berada di luar rumah.

 

"Tapi seluruh perangkat sekolah kita minta menggunakan masker selama proses belajar mengajar," jelasnya.

 

Sementara itu, apabila nantinya kualitas udara kembali memburuk, pihak sekolah dapat berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup setempat. 


 

"Apabila kualitas udara sangat tidak sehat, maka pembelajaran dapat dilaksanakan daring lagi. Namun tergantung kualitas udara di masing-masing daerah," pungkasnya.