Syamsuar Diminta Pastikan Lulusan SMP Tertampung di SMA: Pakai Double Shift

SMPN-1-Pekanbaru2.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ketua Komisi V DPRD Riau, Robin P Hutagalung, meminta kepada Gubernur untuk memastikan anak yang tamat SMP bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA. 

Robin meminta adanya aturan teknis mengingat kondisi terkini yang mana daya tampung sekolah sudah tidak cukup lagi dalam proses PPDB, sehingga menjadi ancaman lagi banyak anak terancam tidak bisa lanjut ke SMA.

Apalagi lanjut Robin komitmen Gubernur sudah terlihat dalam mengejar wajib belajar pendidikan selama 12 tahun, sehingga harus dibarengi dengan aturan teknis.

"Harus ada terobosan Gubernur dalam melaksanakan gagasan wajib belajar 12 tahun itu, bisa saja ada peraturan Gubernur berdasarkan itu," ujarnya, Sabtu, 17 Juni 2023.

Lebih jauh dijelaskannya, misalnya dibuat peraturan Gubernur, sekolah bisa melaksanakan double shift artinya ada anak yang masuk pagi dan ada yang masuk siang.

"Kemudian untuk mengurai itu juga bisa dengan menerapkan penambahan jumlah dalam satu ruang kelas, misalnya satu kelas 40 orang, kami DPRD setuju saja," jelas Robin.

Menurut politikus PDIP itu, Gubernur harus bergerak cepat membuat aturan sehingga hak anak untuk mendapatkan pendidikan tahun ini bisa teratasi dengan cepat.


“Secepatnya harus buat dasar hukum untuk gagasannya. Jangan sampai di tahun ini tidak ada yang tidak bersekolah," imbaunya.

Tak berhenti di situ, ia pun meminta kejelasan sekolah swasta dalam hal menampung anak lewat jalur afirmasi, sehingga punya kontribusi juga dalam mengurai tingginya angka tidak tertampung anak di sekolah negeri.

“Swasta jangan hanya mengejar sektor bisnis saja tapi mengejar dan peduli dengan pendidikan," pungkasnya.