Soal Kapan Pemprov Riau Gelar Salat Idul Fitri, Syamsuar: Ikut Pemerintah

Syamsuar707.jpg
(Riau online/Sofiah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Idul Fitri 1444 H tinggal menghitung hari. Muhammadiyah pun telah menentukan salat idul fitri jatuh pada Jumat, 21 April 2023. Meski begitu, Muhammadiah melangsungkan lebaran pada Sabtu, 22 April 2023.

 

Sementara, pemerintah belum memutuskan kapan idul fitri berlangsung. Mengingat, idul fitri di Indonesia tidak selalu sama. Kini pemerintah pun masih menunggu sidang isbat dari Kementerian Agama (Kemenag).

 

Gubernur Riau Syamsuar saat dikonfirmasi mengatakan, ikut pemerintah. "Ya, kami salat ied ikut pemerintah," jelasnya Selasa, 18 April 2023.

 

Dalam keterangannya, ia pun akan melangsungkan idul fitri 1444 H di Pekanbaru. Syamsuar menambahkan akan melakukan open house. "Salat di sini saja dan open house," singkatnya.

 

Mantan bupati Siak dua periode itu belum mengatakan secara pasti akan melangsungkan salat ied dimana.

 


Sebelumnya, Ketua Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiah Provinsi Riau Hendri Sayuti menyebut, pihaknya telah melapor ke kepolisian terkait pelaksanaan salat idul fitri. Ia pun telah bertemu dengan Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal untuk membantu pengamanan.

 

"Ada ratusan tempat di Riau untuk melangsungkan salat idul fitri. Untuk di Pekanbaru ada 10 tempat yakni masjid dan amal usaha milik Muhammadiyah," jelasnya pada riauonline.co.id 

 

Adapun penyelenggara dan tempat pelaksanaan dari 10 tempat yang akan dijadikan salat yakni Masjid Taqwa Pasar Pusat di Jalan Hos Cokro Aminoto. Kedua, Al-Fida di Jalan KH Ahmad Dahlan

 

Ketiga, Masjid Sri Kandi - Tampan. Keempat, Masjid Nurul Yaqin di Jalan Paus, Marpoyan Damai.

 

Kelima, PCM Madani Lapangan SMKM 3 di Jalan Cipta Karya, Tuah Madani. Keenam, PCM Rumbai di lapangan MI Muhammadiah 1 Umban Sari Ujung.

 

 

Ketujuh, PCM Sukajadi dengan tempat pelaksanaan Lapangan Masjid Taqwa Cik Puan samping Pasar Cik Puan. Kedelapan, Universitas Muhammadiah Riau di Jalan Tuanku Tambusai.

 

Kesembilan, PRM Labuh Baru Barat di Masjid Abu Bakar Ash-Siddiq. Dan terakhir, PRM Labuh Baru Timur di Lapangan Masjid Al-Furkon Muhammadiah.