Lantik Pengurus LLPN, Syamsuar Ingatkan Tak Gampang Dikompor-Kompori

Lembaga-Laskar-Payung-Negeri.jpg
(riau online/Bagus Pribadi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Deklarasi dan Pelantikan serentak Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Penguru Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Dan Dewan Pimpinan Daerah Khusus (DPDK) Lembaga Laskar Payung Negeri (LLPN) di Gedung Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) pada Sabtu, 28 Januari 2023.

 

Ketua LLPN, Irjen Pol Abdul Gofur, menyatakan lembaga itu dibentuk dengan tujuan untuk menjaga dan mempertahakan Negara Kesatuan RI. Selain itu, katanya, dalam menjaga marwah melayu sebagai pagar negeri, juga turut mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. 

 

"LLPN berazaskan Pancasila dan UUD 45, berkegiatan di wilayah Indonesia serta berkedudukan di Kota Pekanbaru. Ini perkumpulan berbagai massa yang bersifat Ormas, independen, dan sukarela," jelasnya.

 

Ia menegaskan, LLPN tak membedakan ras apapun sehingga berbagai suku bisa bergabung dalam lembaga tersebut. 

 


"Kami tak mempermasalahkan perbedaan ras, agama, maupun status sosial. Visinya terwujudnya kerukunan kebangsaan yang berintegritas dilandasi dengan kebudayaan Bangsa Melayu yang didasarkan ideologi Pancasila," tegasnya.

 

Ditanya mengenai apa kontribusi LLPN terhadap pemerintah, Abdul mengatakan, pihaknya akan sejalan dengan pemerintah dan masyarakat, guna membantu percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

 

 

"Kami juga akan bergerak di bidang hukum dan keamanan rakyat yang bersinergi dengan tatanan efektifitas organisasi, bersih dan peka terhadap kegiatan masyarakat agarbhak-hak sipilnya terlindungi sehingga mendorong terbentuknya masyarakat sosial yang kuat dalam bernegara," tegas Abdul.

 

Sementara Gubernur Riau, Syamsuar, menyampaikan ke pengurus LLPN agar bisa eksis di Riau dalam rangka membantu kerja-kerja Pemda, terutama dalam membangun negeri ini.

 

`