Bujang Kampung Memberikan serta Mendekatkan Pelayanan kepada Masyarakat

Alfedri53.jpg
(Humas Pemkab Siak)

Laporan Hendra Dedafta

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Untuk terus memberikan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Bupati Siak, Alfedri. kembali memimpin pelaksanaan Program Bupati Bekerja dan Ngantor (Bujang) Kampung di Kampung Pinang Sebatang, Kecamatan Tualang, Jum’at 16 Desember 2022.

"Alhamdulillah, hari ini kami bersyukur bisa berkumpul dan bersilaturahmi dengan masyarakat Kampung Pinang Sebatang, semoga silaturahmi yang baik ini terus terjaga dan terjalin kedepannya," ucap Alfedri.

Lanjut Alfedri, bahwa kehadirannya ke Kampung Pinang Sebatang, membawa Dinas yang terkait dengan Pelayanan kepada masyarakat.

"Hari ini saya membawa Dinas ataupun OPD pelayanan kepada masyarakat, dalam rangka Program Bujang Kampung. Untuk mendekatkan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Jadi setiap hari Jum'at Bupati dan Wakil Bupati Siak berkantor di Kampung," ujarnya.

Alfedri menginformasikan bahwa Untuk di wilayah Indonesia Bagian Barat, pulau Sumatera dan Jawa, Kabupaten Siak merupakan yang terbaik dalam Pelayanan Investasi.

"Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Siak terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan. Di Kampung-Kampung pun Pelayanan melalui Online akan segera ditingkatkan. Jadi nantinya dimana pun Penghulu berada bisa menandatangani berkas melalui aplikasi di smartphone. Insyaallah di awal tahun 2023 aplikasi sudah selesai, jadi semua surat bisa ditandatangani melalui tanda tangan elektronik ataupun melalui online," ucap Alfedri.


Selain itu, Alfedri berharap Kemiskinan extrim yang terdata di Kampung bisa teratasi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Dana Desa melalui program pemberdayaan masyarakat.

"Dana Kampung bisa digunakan untuk Program Pemberdayaan masyarakat. Melalui Program pemberdayaan tersebut, diharapkan mampu mengurangi angka kemiskinan extrim di Kabupaten Siak," harap Alfedri.

Kemudian, untuk mengurangi angka Inflasi di Kabupaten Siak, Alfedri juga berpesan agar masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan rumah.

"Dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam seperti cabe dan bawang, jadi tidak perlu untuk membeli, tinggal memetik di pekarangan rumah kita ketika sudah berbuah," ucapnya.

 

Dalam kesempatan ini, Bupati Siak Alfedri bersama Wakil Bupati Siak Husni Merza menyerahkan langsung Kartu Identitas Anak (KIA), KK, dan juga Kartu BPJS Kesehatan kepada masyarakat Kampung Pinang Sebatang, serta menanam langsung kedalam pot bibit cabe kemudian menempelkan stiker PKH.

Turut dihadiri oleh Wakil Bupati Siak, Husni Merza. Camat Sungai Apit, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak yang berkaitan dengan Pelayanan, serta tamu undangan lainnya.