Kejar Herd Immunity, Disnakeswan Tambah 60 Vaksinator, Mahasiwa Dipersilakan

drh-Revalita-Budhiani.jpg
(Tika Ayu/Riauonline)

Laporan Tika Ayu

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kebut target herd immunity 80 persen hewan ternak dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Kasi Kelembagaan Sumber Daya Kesehatan Hewan dan Pengawasan Obat, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau, drh Revalita Budhiani sebut bakal tambah 60 personil vaksinator, Senin, 17 Oktober 2022.

 

 

"Target kita itu ada 248.000 populasi hewan rentan PMK, untuk capai herd immunity kita target menjelang akhir tahun itu dapat terlaksana," ujar Revalita sesuai rapat koordinasi dan monitoring penanganan PMK Riau tahun 2022 di Ball Room Hangtuah, Hotel Pengeran. 

 

Lanjut Revalita, 60 personil vaksinator tambahan itu diminta dari setiap kabupaten kota di Riau, dan kaderisasi vaksinator itu kata Veralita akan dimulai dalam minggu ini. 

 

"Sebab sekarang realisasi capaian herd immunity baru 27 persennya dari 80 persen itu," ungkapnya 

 

 

Kemudian kata Veralita, sebelumnya vaksinator di Riau hanya berjumlah 407 orang, 37 orang di antaranya dari provinsi Riau. Maka nantinya hasil 60 orang dari setiap kabupaten kota itu akan diadakan bimbingan teknisnya (Bimtek).


 

"Provinsi siap bantu 60 personil vaksinator, nanti akan diberikan bimtek karena mereka itu sama sekali tidak pernah menyuntik nanti diajari nyuntik. Tentu dia akan membantu bersama- sama lakukan vaksinasi hewan ternak kedepannya," ujarnya.  

 

 

 

Dikabarkan terdapat saran  mengisi posisi vaksinator ini menyerap tenaga  kalangan mahasiswa dengan jurusan linier seperti peternakan. Menanggapai hal tersebut, Veralita tak menutup kemungkinan dapat direkrut, asalkan kata Revalita mendapat rekomendasi dari kabupaten setempat. 

 

 

"Kalau misalnya ada kabupaten mengusulkan ada mahasiswa tempatan yang mau ikut terlibat jadi vaksinator, kita persilakan,"