Memasuki Musim Tanam Padi, Bangunan P3-TGAI Sangat Bermanfaat bagi Petani

Drainase2.jpg
(Hendra Dedafta/Riau online)

Laporan Hendra Dedafta

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Memasuki musim tanam padi, bangunan Drainase, Program percepatan peningkatan tata guna Air irigasi (P3-TGAI) di areal persawahan sangat bermanfaat bagi Petani, Kampung Tuah Indrapura.

Penghulu Kampung Tuah Indrapura, Sodikin, mengatakan walaupun penggunaan drainase ini oleh petani masih baru, tapi manfaatnya sangat besar, karena memudahkan dalam sistem pengairan, sehingga diharapkan memudahkan dalam bercocok tanam dan bisa meningkatkan produksi, ucap Sodikin.

"Terimakasih kepada pemerintah yang begitu perhatian Terhadap petani, dan program-program insfratruktur sejenis, saya harap terus ditingkatkan," harap Sodikin, Selasa 30 Agustus 2022.

 

Hal tersebut dibenarkan oleh Mukijo, petani yang letak sawahnya berdekatan dengan bangunan drainase P3-TGAI Kampung Tuah Indrapura.

Mukijo, mengatakan dengan adanya pembangunan drainase, sektor pertanian menjadi sangat terbantu pasalnya ketika musim kemarau untuk mendapatkan dan memindahkan air ke sawah sangat sulit, apalagi harus menjangkau ke areal persawahan yang letaknya jauh dari parit, tentu membutuhkan waktu lama dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

"Dengan adanya pembangunan drainase ini jadi lebih mudah mengontrol air untuk kegunaan pertanian, ditambah lagi proses pengerjaanya selesai menjelang musim tanam padi, waktunya sangat tepat sesuai dengan kebutuhan petani," ucap Mukijo.

Sementara itu Ketua P3-TGAI Kampung Tuah Indrapura, Kusnan. Saat dihubungi awak media melalui telepon seluler hanya diangkat satu kali.

Saat mengetahui yang menelpon itu awak media, telepon langsung dimatikan dengan alasan sedang dalam perjalanan "Sedang dijalan mas nanti aja" keesokan harinya dihubungi lagi sampai tiga kali dengan waktu yang berbeda tidak diangkat.

Pantauan Riauonline.co.id dilapangan Bangunan terlihat miring dan ada beberapa bagian yang retak, tidak diketahui apa penyebabnya.


 

Pembangunan Drainase di areal persawahan ini merupakan program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Balai Wilayah Sungai Sumatera III, Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan SDA Wilayah III, Merupakan Program percepatan peningkatan tata guna Air irigasi (P3-TGAI).

Dengan nilai pekerjaan Rp 195.000.000,00, menggunakan anggaran APBD tahun 2022, dengan waktu pengerjaan 90 hari kalender.