Tidak Perlu ke Bengkel, Ini 5 Cara Membersihkan Karburator Motor yang Benar

Dorong-motor-mogok2.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

Laporan Dwi Fatimah

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sebagai pengguna motor, terutama motor lawas tentu kamu harus mengetahui cara perawatan dengan benar. Beberapa motor, seperti Yamaha RX-King lawas misalnya, masih menggunakan karburator. Karburator sendiri dapat dikatakan sebagai saluran pernafasan pada motor, yang secara langsung berfungsi menjaga tekanan udara di ruang bakar.

Jelas, kebersihannya wajib dijaga agar motor bisa tetap beroperasi dengan baik. Meski bukan tukang servis, namun setidaknya harus mengetahui cara membersihkan karburator motor sendiri. Pasalnya, karburator merupakan salah satu komponen terpenting dalam sepeda motor.

Berbicara mengenai karburator, ada banyak cara membersihkan karburator motor yang kotor. Gangguan yang biasa dialami oleh karburator adalah sering kemasukan air atau terlalu kotor, jika sudah begini biasanya motor akan susah untuk dihidupkan atau mesin motor agak tersendat-sendat.

 

Maka dari itu, bagi kalian yang hingga saat ini masih menggunakan motor bebek dan menggunakan karburator, kalian jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi karburator agar tetap bersih dan prima.

Berikut riauonline merangkum beberapa cara membersihkan karburator motor:

  1. Lepaskan karburator motor

Pertama adalah dengan melepaskan karburator yang ada di motor Anda. Lepaskan secara hati-hati dari dudukannya, agar Anda bisa membersihkan komponen in dengan lebih baik. Perhatikan sekrup yang digunakan, dan sebisa mungkin gunakan kunci yang pas untuk masing-masing sekrupnya.

  1.  Lalu Bersihkan Filter

Untuk pembersihan awal, Anda bisa mulai dari bagian filter udara. Lepaskan filter, kemudian bersihkan menggunakan cairan pembersih khusus. Setelah selesai dibersihkan, diamkan filter hingga mengering dengan sendirinya.

  1. Buka Mangkuk Karburator


Langkah ketiga, Anda bias membuka mangkuk karburator. Lepaskan semua baut dan sekrup pengait, kemudian periksa bagian tersebut. Bersihkan kotoran yang ada di dalam atau yang mengendap, kemudian pastikan tidak ada kontaminasi air di bagian ini. Untuk membilas bagian ini, disarankan menggunakan bensin dan hindari penggunaan air.

Jika memungkinkan Anda bisa menyemprotnya dengan semprotan udara bertekanan tinggi sehingga kotoran yang mengerak dan mengendap bisa lepas.

  1. Jangan Lupa Bagian Lain

Beberapa bagian lain juga wajib dibersihkan. Mulai dari pilot jet, main jet, hingga needle jet. Lepaskan satu per satu dan bersihkan hingga benar-benar tidak ada noda yang tersisa. Gunakan kompresor agar pembersihannya maksimal dan tak ada lagi kotoran mengendap.

 

  1. Spuyer Karburator

Bagian terakhir adalah spuyer. Bagian ini berpengaruh pada kinerja mesin motor yang Anda miliki, sehingga harus benar-benar bersih dan dalam kondisi baik. Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan amplas halus, sehingga kotoran yang menempel bisa benar-benar rontok.