Edaran Menpan RB Soal ASN WFH Sepekan, Pemprov Riau Siap Ikut Perintah

Mudik16.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Birokrasi Reformasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menyetujui usul Kepala Polri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk menerapkan sistem kerja dari rumah atau WFH bagi Aparatur Sipili Negara (ASN).

 

WFH ini untuk mengurai kemacetan arus balik lebaran 2022. Menpan RB menyarankan agar seluruh instansi pemerintahan mengatur jadwal WFH bagi seluruh Aparatur Sipil Negara selama sepekan, dimulai sejak Senin, 9 Mei 2022.

 

 

“Sesuai apa yang disampaikan Menpan RB, pak Gubernur meminta kami untuk menindaklanjutinya,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan.


 

Ikhan mengatakan, untuk menindaklanjuti surat edaran tersebut, setelah nantinya memenuhi syarat, maka pihaknya akan membuat surat edaran untuk selanjutnya mendapat persetujuan Gubernur.

 

Surat edaran ini nantinya akan disebarkan kepada seluruh ASN dilingkungan Pemprov Riau. Ikhwan juga menjelaskan, WFH akan dibuat aturannya dan diserahkan ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

 

Aturan ini nantinya akan mengatu ASN selama WFH dan Work From Office (WFO) agar pelayanan di kantor tidak terputus.

 

 


“Dibuat aturannya oleh OPD. Bisa saja aturannya 50 persen WFO, 50 persen WFH. Dulukan juga sudah dibuat aturan WFH ini. Tapi inikan aturannya dibuat untuk mengantisipasi melonjaknya kasus Covid-19. Termasuk terjadinya kemacetan arus mudik,” pungkasnya.